Kisah di Balik Lagu 'Antassalam' Maher Zain yang Ditonton Jutaan Orang

| 23 May 2020 11:42
Kisah di Balik Lagu 'Antassalam' Maher Zain yang Ditonton Jutaan Orang
Maher Zain (Foto via Daily Sabah)
Jakarta, era.id - Penyanyi sekaligus produser musik Maher Zain baru saja merilis single terbaru bertajuk "Antassalam". Lagu terbarunya itu sudah ada di berbagai platform musik hingga YouTube. "Antassalam" memiliki makna yaitu Allah yang diceritakan oleh Maher Zain sebagai bentuk kepasrahan diri di tengah pandemi COVID-19. 

Penyanyi berusia 38 tahun itu terinsipirasi dari pengalaman batinnya sendiri selama ini. Melalui channel YouTube Awakening Music, video klip bertajuk "Maher Zain - Antassalam Official Video Ramadan 2020" telah mendapatkan 2,8 juta penonton sejak tayang perdana pada 2 Mei 2020. 

"Kami selalu berencana untuk merilis lagu di bulan Ramadan. Lagu ini akan menjadi istimewa karena selalu mengingatkan kita tentang masa-masa sulit yang dihadapi dunia kita karena situasi COVID-19," ujar Zain, kepada Anadolu Agency yang dikutip dari Daily Sabah, Sabtu (23/5/2020).

Single lagu "Antassalam" yang berarti "Tuhanmu damai" dirilis pada 2 Mei 2020. 16 Mei, ia merilis lagu bertajuk "Asma Allah Alhusna" yakni 99 nama-nama Allah yang terindah.

"Saya selalu ingin merekam Asma Allah Alhusna (99 Nama Terindah Allah) - dengan melodi abadi indah yang dikarang oleh Sayed Mekawy. Sejak saya memulai hubungan kembali dengan iman sekitar 12 tahun yang lalu," tulisnya di YouTube.

"Ramadan ini, sementara menghabiskan lebih banyak waktu di rumah daripada biasanya, karena semua masjid dan yang lainnya telah ditutup akibat pandemi COVID-19. Saya akhirnya memutuskan untuk merilis lagu sebagai bentuk hadiah kecil dari saya untuk kalian semua di bulan Ramadan. Saya harap kalian menyukainya. Tolong ingat saya dan keluarga saya dalam lanunan doa-doa kalian. Ramadan Mubarak!" tambahnya.

Penyanyi kelahiran 16 Juli 1981 yang bisa bernyanyi dalam tujuh bahasa, termasuk Turki, Arab dan Prancis menjelaskan alasan di balik ia membuat video klip serta lagu "Antassalam". 

"Kami merasa perlu mencoba menghibur masyarakat dan membantu mereka tetap positif serta mengingatkan mereka bahwa suatu hari semua ini akan berakhir dan kita bisa kembali normal lagi insyaAllah!" tulisnya.

Suami dari Aicha Ameziane ini mengatakan selama bulan Ramadan menerapkan physical distancing dan tetap berada di rumah. Penulis lagu asal Swedia keturunan Lebanon ini tetap menjalankan puasa dan yakin bisa melewati ini semua.

"Tidak ada keraguan saya lewatkan dari tradisi seperti salat tarawih di masjid-masjid dan berbincang dengan orang-orang yang belum pernah saya lihat sementara waktu ini. Berbuka puasa dengan keluarga dan teman-teman tak kalah pentingnya dengan kunjungan tahunan ke Madinah yang sangat saya cintai! Alhamdulillah atas berkah Ramadan!" ujarnya.

Pelantun "Insha Allah" mengatakan ia mencoba untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, yaitu membersihkan atau memperbaiki beberapa hal di rumahnya, serta mengejar beberapa lagu yang dikerjakan di studio musiknya.

Selain single Ramadan "Antassalam" dan "Asma Allahul Husna", Zein tengah mengerjakan single lain yang nantinya akan dirilis pada bulan mendatang jika tidak mengalami kendala.

"Saya rindu melihat dan bernyanyi bersama dengan penggemar saya di seluruh dunia, tetapi tetap aman adalah hal yang penting bagi kita semua sekarang, jadi kami segera bertemu satu sama lain lagi insyaAllah," tambahnya.

Di tengah pandemi COVID-19, Zein selalu mengonsumsi makanan sehat dan berusaha mempertahankan gaya hidup sehat dengan melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Rekomendasi