Karantina Sambil Berwisata di Joglo Batu Akik

| 24 May 2020 20:33
Karantina Sambil Berwisata di Joglo Batu Akik
Suanana di lokasi karantina (Foto via Pemprov Jateng)
Banyumas, era.id - Jangan bayangkan lokasi karantina COVID-19 di Banyumas itu tempat yang membosankan. Tidak ada itu. Di kota ini, rumah karantina memanfaatkan penginapan Joglo Batu Akik, yang bernuansa rumah Jawa tempo dulu. 

Sesuai namanya, tempat ini memiliki koleksi batu akik yang indah dipandang dan bikin betah. Kalau seseorang yang dikarantina memang pecinta batu akik, ini seperti surga.

Lokasi Joglo Batu Akik ada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok. Rumah inap ini dikhususkan bagi warga lokal yang pulang kampung. Di lokasi ini terdapat 22 rumah joglo yang siap ditempati.

Saat pembaca membaca berita ini, ada 17 orang yang sedang menjalani proses karantina, seperti yang ditulis dari halaman resmi milik Pemprov Jawa Tengah, Minggu (24/5/2020). Seluruh orang yang dikarantina, tidak dipungut bayaran. Mereka bahkan disediakan uang makan dan perlengkapan mandi bagi mereka yang bersedia menjalani program tersebut.

"Uang makan nanti diserahkan ke keluarga masing-masing agar dibuatkan masakan sesuai kehendak hati," ucap Kepala Desa Karangtengah Karyoto.

Bagi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Erna Husein, karantina di Karangtengah seperti berwisata. Beberapa ruangan cukup lengkap dengan adanya tempat tidur, kamar mandi yang cukup mewah, bahkan dapur.

"Seperti berwisata saja, di sini udara sejuk dan lingkungan yang asri, membuat penghuni betah," katanya.

Sumami, salah satu peserta karantina yang tinggal bersama putrinya, mengaku sudah delapan hari di rumah karantina ini. Dirinya mengaku betah disini, dan akan pulang setelah mendapatkan izin.

"Saya sedang hamil, di rumah banyak saudara dan orang tua, maka untuk sementara saya di sini saja," katanya.

 

Rekomendasi