Kegigihan Tim Evakuasi Longsor Puncak

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Tim gabungan penanganan longsor di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/2/2018). (Yasir/era.id)

Bogor, era.id - Hujan deras mengakibatkan longsor di sejumlah titik wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat. Salah satunya terjadi di Riung Gunung pada Senin (5/2/2018).
 
Pada Selasa (6/2/2018), tim era.id tiba di lokasi untuk melaporkan kondisi terkini, jalannya evakuasi, dan penanganan longsor. Tampak tim gabungan dari BPBD, pemadam kebakaran, TNI dan Polri terus mencari korban yang diduga masih tertimbun. Material sisa longsor juga terus dibersihkan dari badan jalan. 
 
Suhu dingin di tengah guyuran hujan dan pekatnya kabut tidak mengurangi kegigihan tim gabungan mencari korban. Berdasarkan laporan petugas, ada tiga warga yang dinyatakan hilang dan diduga tertimbun material longsor.
 
"Hujan sama kabut yang tebal bikin kita sedikit kesulitan," kata Robi, anggota tim evakuasi dari Polri, di Riung Gunung. 
 
Tim gabungan bergerak hingga ke bibir tebing yang tanahnya basah dan bisa bergeser tiba-tiba. Beberapa petugas dari BPBD berusaha menuruni titik curam yang disebut lokasi utama longsor. Tiga orang memegang tali pengaman yang dililitkan pada batang pohon, seorang lainnya membantu memastikan tali terpasang dengan aman. 
 
Sekitar pukul 17.00 WIB, usaha tim gabungan itu belum membuahkan hasil. Hujan yang terus mengguyur tiada henti sejak siang, serta pekatnya kabut yang menyelimuti Puncak, memaksa mereka menghentikan proses evakuasi hingga pagi hari ini.
 
"Cuaca sangat buruk, demi keselamatan petugas, proses evakuasi kita hentikan sementara," kata Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei, saat memantau kondisi lokasi longsor.

Tim gabungan penanganan longsor di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/2/2018). (Yasir/era.id)

Proses penanganan longsor di wilayah Puncak, Bogor, direncanakan berlangsung selama sepuluh hari, terhitung sejak Senin (6/2/2018). Hal itu disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi selepas melalukan pertemuan dengan pihak terkait, di lokasi longsor Riung Gunung, Selasa sore. 
 
"Intinya untuk penanganan longsor yang ada di Puncak sampai dengan ke Cianjur, dari hasil kesepakatan kita akan ada sepuluh hari untuk penanganan yang di Bogor," ujarnya. 
 
Sementara untuk penanganan longsor yang terjadi di Cianjur menurutnya akan memakan waktu lebih lama karena diduga terjadi pengeroposan jalan. 
 
"Untuk yang di Cianjur kemungkinan akan lebih lama, karna kita membutuhkan sounder, dan itu sudah dilakukan oleh badan geologi. Karena informasinya di jalan tersebut ada keropos," tambahnya.
 
Dampak dari proses penanganan itu, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jawa Barat Brigjen Supratman menyatakan Jalan Raya Puncak menuju ke Cianjur dan sebaliknya ditutup.
 
"Kami akan melakukan diskresi kepolisian kita, untuk sementara demi keselamatan, kendaraan tidak boleh melintas," ujarnya.

Tag: cuaca ekstrem

Bagikan: