Mal Kembali Dibuka, Pemerintah Berharap Perekonomian Bangkit

Tim Editor

Ilustrasi mal (Unsplash/@john_cameron)

Jakarta, era.id - Pusat perbelanjaan atau mal mulai kembali beroperasi sejak Senin (15/6/2020). Dengan mulai dibukanya aktivitasi perdagangan, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan kepada semua pihak terkait untuk menerapkan protokol pengendalian pencegahan Covid-19 dengan penuh kesadaran dan kedisiplinan tinggi.

"Memang dalam menghadapi COVID-19 ini kita harus menyikapi dengan bijak dan tegas, artinya protokol kesehatan ini harus kita patuhi," ujar Agus saat meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Dia mengatakan, kembali dibukanya pusat perbelanjaan dan mal memang bertujuan agar sektor ekonomi tidak makin terpuruk. Oleh karena itu, pemerintah bersinergi dengan lembaga terkait untuk membuka kembali aktivitas perdagangan salah satunya di pusat perbelanjaan.

"Ini untuk mendorong sektor ekonomi tidak terpuruk lebih dalam maka perlunya dibuka aktivitas perdangangan untuk mengggerakan sendi-sendi perekonomian kita," kata Agus.

Namun, dia mengingatkan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, meskipun sektor ekonomi sudah dan harus bergerak tapi keselamatan dan kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama dalam melaksanakan prtokol kesehatan.

Oleh karenanya, kata Agus, dibutuhkan gotong royong dan bahu mambahu dari seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi situasi sulit ini. Pemerintah juga optimis melihat masyarakat hingga sejauh ini bisa melalui situasi pandemi COVID-19.

"Sekali lagi, supaya roda perekonomian bergerak, di sini juga ada UMKM dan didukung dengan pembukaan kembali mal. Dengan pembukaan PSBB ini patut kita banggakan karena proses ini sudah dimulai," pungkasnya.

Tag: ekonomi kreatif

Bagikan: