Kabel Ventilator Dicabut untuk AC, Pasien COVID-19 Meninggal

Tim Editor

Ilustrasi (Dailystar)

Jakarta, era.id - Seorang pasien virus korona meninggal dunia karena kabel alat ventilatornya dicabut. Pria itu dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU) di Rumah Sakit MBS di Rajasthan, India utara.

Seperti dikutip dari Dailystar, Jumat (19/6/2020), pasien yang tak diungkap identitasnya itu meninggal saat anggota keluarganya yang sedang menjenguk merasa gerah di ruang perawatan pada Senin lalu waktu setempat. Mereka akhirnya mencabut kabel ventilator agar bisa menyalakan AC. Padahal ventilator digunakan untuk menunjang alat pernapasan pasien.

Beberapa waktu kemudian baterai cadangan ventilator pun habis dan kondisi pasien memburuk. Keluarganya memberi tahu para dokter dan langsung ditangani, tetapi tidak bisa menyelamatkan pasien pria itu.

Ventilator digunakan oleh pasien COVID-19 dengan kondisi parah. Secara mekanis, ventilator memompa oksigen ke paru-paru pasien yang tidak bisa bernapas tanpa bantuan.

Ventilator biasanya menggunakan listrik, meskipun beberapa alat dapat menggunakan baterai.

Di India jumlah kasus korona mencapai 367.000 atau yang tertinggi keempat di dunia, dengan korban 12.237 orang telah meninggal.
 
 

Tag: covid-19

Bagikan: