Suami Joanna Alexandra, Raditya Oloan Sempat Mengalami Badai Stiokin Pasca Sembuh dari Covid-19, Apa Itu?

Tim Editor

Raditya Oloan (Instagram/joannaalexandra)

ERA.id - Suami dari aktris Joanna Alexandra, Raditya Oloan dilaporkan sempat mengalami badai sitokin usai dinyatakan sembuh dari Covid-19. Gejala ini lah yang akhirnya membuat mendiang Raditya harus kembali menjalani perawatan sebelum akhirnya meninggal dunia. 

Melalui laman Instagram Joanna, ia menceritakan kondisi suaminya yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Saat itu Joanna mengungkap Raditya mengalami gejala setelah terpapar corona. 

"Kondisinya pasca-COVID-19 dengan komorbid asma, dan dia mengalami badai sitokin yang menyebabkan hiper-inflamasi (peradangan) di sekujur tubuhnya," tulis Joanna di Instagram.

Tak hanya itu, Ibu empat anak itu juga menyebut ada infeksi bakteri di dalam tubuh suaminya sehingga menyebabkan ginjal Raditya tidak berfungsi dengan baik. 

Selama menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit Persahabatan, Raditya juga harus dibuat tidur lantaran ia memakai ventilator sebagai alat bantu nafasnya. 

Melansir dari Halodoc, badai sitokin umumnya disebabkan oleh peningkatan respons imun yang tidak berfungsi dengan semestinya. 

Dalam laporan American Cancer Society yang dikutip Halodoc, sitokin ini umumnya memberi sinyal sistem kekebalan untuk tubuh untuk bertugas. Namun saat pelepasan sitokin terjadi terlalu banyak, sistem kekebalan tubuh akhirnya membuat kerusakan di dalam organ tubuh. 

Hal ini lah yang membuat tubuh Raditya menjadi meradang dan berakibat fatal. Bahkan badai sitokin ini dinilai lebih mematikan dari virus asli yang menempel di dalam tubuh. 

Untuk kasus pasien corona dengan badai sitokin akan mengalami demam dan sesak nafas. Lalu, tak lama pasien akan mengalami kesulitan bernafas hingga membutuhkan ventilator. Bahkan saat sudah dibantu dengan ventilator biasanya pasien juga akan tetap kesulitan bernapas. Kondisi seperti ini umumnya terjadi sekitar enam hingga tujuh hari setelah timbulnya penyakit. 

Raditya Oloan meninggal dunia pada Kamis (6/5/2021) di Rumah Sakit Persahabatan. Ia meninggal dalam usia 34 tahun dan meninggalkan seorang istri, Joanna Alexandra serta empat orang anak. Rencananya jenazah Raditya akan dimakamkan pada hari Minggu (9/5/2021) di San Diego Hills. 

 

 

Tag: Raditya Oloan Badai Sitokin Suami Joanna Alexandra Meninggal Dunia

Bagikan: