Tak Ada Peleburan Mata Pelajaran Agama dan PPKn

| 22 Jun 2020 11:48
Tak Ada Peleburan Mata Pelajaran Agama dan PPKn
Mendikbud Nadiem Makarim di DPR (Gabriella Thesa/era.id)
Jakarta, era.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim menegaskan Kemendikbud tidak punya rencana untuk menggabungkan mata pelajaran Agama dengan pendidikan Pancasila dan Keearganegaraan (PPKn). Hal ini sekaligus menjawab soal isu peleburan dua mata pelajaran tersebut.

"Ini sekadar penegasan saja bahwa tidak ada keputusan maupun rencana smapai ini untuk peleburan mata pelajaran agama dengan pelajaran lainnya," ujar Nadiem dalam rapar kerja dengan Komisi X DPR RI secara virtual, Senin (22/6/2020).

Nadiem mengatakan, Kemendikbud memang memiliki berbagai skenario untuk penyederhanaan kurikulum pelajaran sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Meski begitu, tak ada rencana untuk meleburkan mata pelajaran agama dengan mata pelajaran lainnya.

"Tidak ada dalam rencana kita ini masih sampai sekarang rencana mata pelajaran agama masih stand alone sebagai subjek," tegas Nadiem.

Sebelumnya, beredar isu di media sosial soal materi diskusi mengenai penyederhanaan kurikulum salah satunya usulan peleburan mata pelajaran Agama kelas 1-3 Sekolah Dasar.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Plt. PAUD Dikdasmen) Hamid Muhammad juga menegaskan sampai saat ini tidak ada rencana Kemendikbud melakukan penyederhanaan kurikulum dengan peleburan mata pelajaran Agama.

Menurut dia, pembahasan penyederhanaan kurikulum oleh Ditjen PAUD Dikdasmen, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, serta Pusat Kurikulum dan Perbukuan dilakukan agar pembelajaran berjalan lebih efektif.

"Pusat Kurikulum menyiapkan penyederhanaan kurikulum yang disertai penyusunan berbagai modul pendukungnya," kata Hamid, Kamis (18/6).

Tags : kemendikbud
Rekomendasi