Pemerintah Pusat Minta Pembukaan CFD di Jakarta Dievaluasi

| 22 Jun 2020 17:25
Pemerintah Pusat Minta Pembukaan CFD di Jakarta Dievaluasi
Dok. infocarfreeday.net
Jakarta, era.id - Pemerintah pusat mengkritik dibukanya kembali car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hari Minggu (22/6). 

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, seharusnya Pemprov DKI Jakarta melakukan simulasi lebih dulu sebelum membuka kembali CFD.

"Sesuai arahan Bapak Presiden sebaiknya kalau akan mengurangi pembatasan untuk sektor-sektor tertentu harus ada simulasi, baru nanti kalau dipastikan semua aman terkendali terutama untuk protokol kesehatan," kata Muhadjir di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/6/2020).

Muhadjir meminta masyarakat agar menaati protokol kesehatan secara umum yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, ditambah sejumlah protokol khusus untuk sektor sektor tertentu.

Namun, Muhadjir menilai memang pada tahap awal pembukaan wilayah biasanya ada hal-hal yang tidak dapat dikendalikan oleh aparat.

"Tetapi kan biasanya kalau satu atau dua kali tahap pertama pasti terjadi hal-hal di luar perhitungan seperti waktu kita buka bandara, satu hari terjadi anomali tapi setelah itu bisa kita evaluasi," kata Muhadjir.

Di tempat terpisah, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Pemerintah DKI Jakarta untuk lebih masif menyosialisasikan protokol kesehatan di masa transisi kenormalan baru atau new normal.

Contohnya, kata Tito, pada CFD di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada Minggu kemarin, masih banyak masyarakat yang tidak memperhatikan protokol kesehatan.

"Seperti misalnya diskusi Kepala Gugus Tugas dan Menteri Kesehatan, car free day dibuka. Kita melihat ada masyarakat yang belum siap, ada penumpukan, tidak pakai masker, ini harus disosialisasikan secara intens," kata Tito di kantornya.

Tito berharap pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus bekerja sama menyosialisasikan new normal.

Seperti diketahui, pada 21 Juni 2020, warga DKI Jakarta dan sekitarnya dapat kembali menikmati hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau CFD pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

Tags : car free day
Rekomendasi