Berpuluh-Puluh Tahun Data Kemiskinan Carut Marut

| 24 Jun 2020 15:37
Berpuluh-Puluh Tahun Data Kemiskinan Carut Marut
Komisi VIII DPR (Dok. Kemsos)
Jakarta, era.id - Komisi VIII DPR RI mendesak Kementerian Sosial segera membenahi data jumlah penduduk miskin. Diharapkan data tersebut bisa diselesaikan di periode pemerintahan sekarang.

"Kalau berpuluh-puluh tahun data kemiskinan itu carut marut pak, kita berharap pak menteri di periode ini data kemiskinan itu tuntas, pak," ujar Ketua Komisi VIII Yandri Susanto saat rapat kerja dengan Menteri Sosial Juliari P. Batubara di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Perbaikan data tersebut seharusnya tidak sulit, menurutnya, Kemensos bisa bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk mendata penduduk miskin.

"Kita sandingkan Pak Sekjen dengan Dukcapil. Jadi kita sisir nanti per kota, nanti kita bagi klusternya, fokus saja pak. Sehingga nanti mungkin tahun 2021-2022 sudah kelihatan arah perbaikan itu. Kalau sampai 2023 sudah selesai, wah itu top pak," kata Yandri.

Komisi VIII, kata Yandri, juga mendorong Kemensos agar data penduduk miskin dapat menjadi rujukan utama dalam berbagai program bantuan dari kementerian dan lembaga lainnya.

"Kami berharap pemerintah memberikan kepercayaan penuh kepada Kemensos, sebagai sumber data utama kemiskinan, kalau enggak dia akan simpang siur," pungkas Yandri.

 

Tags : kemiskinan
Rekomendasi