Fakta Menarik YouTube SkinnyIndonesia24 yang Bakal Pamit Tahun Depan

Tim Editor

SkinnyIndonesian24 akan pamit pada 2021 (Foto: Instagram/@skinnyindonesian24id)

Jakarta, era.id - Kanal YouTube SkinnyIndonesia24 yang digagas oleh kakak beradik Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez mengumumkan akan pamit pada 24 Juni 2021.

Pengumuman itu dilontarkan pada tanggal 24 Juni 2020 atau bertepatan dengan 9 tahun sejak dibuatnya channel tersebut. 

Maka 2021 nanti, kanal YouTube tersebut genap berusia 10 tahun. Seperti yang diketahui, Skinny Indonesia 24 adalah salah satu channel yang menjadi pelopor konten digital YouTube di Indonesia.

Kedua YouTuber ini dikenal telah melahirkan banyak hal positif yang mereka bagikan melalui channel YouTubenya. Berikut fakta YouTuber SkinnyIndonesia24 selama 9 tahun berkarya.

1. Awal mula mendirikan YouTube SkinnyIndonesia24

Kedua kakak beradik ini menceritakan awal berdiriya YouTube hingga memiliki subscribers 2,27 juta. SkinnyIndonesia24 didirikan pada 24 Juni 2011.

Kala itu, Andovi membuat akun YouTube lantaran ingin menyalurkan hobi bernyanyi. Lalu, cover buatannya itu diunggah di YouTube. 

Nama skinnyindonesian24 tercipta karena menurut kakaknya Jovial, Dovi dulunya sangat kurus maka dibuatlah kata skinny. Sementara, kata indonesian karena mereka berdua adalah warga negara Indonesia.

Untuk 24, angka itu adalah nomor punggung dari pemain basket LA Lakers, Kobe Bryant. Hingga akhirnya, lahirlah konten-konten bermanfaat dengan konsep menyegarkan.

2. Pendidikan adalah prioritas utama

Keduanya bertekad untuk menghadirkan tayangan-tayangan bermutu yang jarang ditemukan di saluran televisi. Meski sudah sukses menjadi content creator, kakak beradik ini tetap memprioritaskan pendidikan.

Jovial adalah alumni dari jurusan Fisika Nuklir di FMIPA Universitas Indonesia. Sementara, Andovi merupakan Sarjana Hukum yang juga lulusan dari Universitas Indonesia. Kakak beradik ini mendepankan pendidikan, sehingga mereka bisa menyeimbangkan antara pendidikan dan YouTuber.

3. Rap Battle Jokowi versus Prabowo

Saat pemilu Presiden 2019, SkinnyIndonesia24 menggemparkan publik dengan video yang diunggah melalui YouTube channelnya. Video yang bertajuk "Prabowo Vs Jokowi - Epic Rap Battles of Presidency" sempat viral dan jadi trending nomor 1 di YouTube selama berhari-hari. Hingga saat ini, video tersebut telah ditonton sebanyak 44 juta kali.

4. Mengadakan beasiswa hingga peduli lingkungan

Dalam memeringati 5 tahun berkaya sekaligus merayakan 1 juta subscribers, mereka membuat program beasiswa pada tahun 2016. Da Lopez Brother yang menanggung biaya masuk hingga lulus kuliah bagi 3 orang pemenang. Program ini merupakan murni dari dana pribadi Andovi dan Jovi, tanpa melibatkan siapa pun.

Selain itu, SkinnyIndonesia24 juga membuktikan kepedulian lingkungan dengan aksi nyata. Kala itu, mereka datang ke salah satu pantai Bali untuk membersihkan sampah yang berserakan. Tak hanya itu, mereka juga memberikan edukasi bagaimana cara mengelolah sampah yang benar.

5. Pengumuman pamit 2021

Melalui channel YouTubenya, Andovi menegaskan jika mereka tidak berhenti bukan berarti sedang musuhan. Melainkan kini kedua sudah dewasa dan memiliki kehidupan yang berbeda.

"Sebagian alasan gue adalah menempuh jalan gue sendiri. Tapi bukan berarti kalau gue sama Jovial itu musuhan. Jelas-jelas kita enggak musuhan, kita kakak adik," ujar Andovi.

Berbeda dengan Jovial yang memiliki alasan terkait dengan sistem YouTube sekarang ini. Ia beropini soal "penghargaan" yang diberikan harus berdasarkan aspek perhitungan angka. Padahal, kualitas video belum tentu bagus.

"Enggak tau mungkin ini gue sedikit egois, cuma gue rasa penghargaannya untuk energi yang kita keluarkan itu enggak ada," ungkap Jovial.

https://www.youtube.com/watch?v=4IjuV01rd2s&t=5s

Tag: youtuber inisial artis ac youtube

Bagikan: