10 Fakta Menarik Westminster Abbey, Gereja Berusia 1.000 Tahun Lebih di London

| 19 Sep 2022 19:25
10 Fakta Menarik Westminster Abbey, Gereja Berusia 1.000 Tahun Lebih di London
Westminster Abbey (Twitter)

ERA.id - Salah satu landmark yang lebih populer untuk tour di London adalah Westminster Abbey. Diketahui, lebih dari 1 juta pengunjung menjelajahi gereja yang berusia 1000 tahun lebih tersebut. Artikel ini akan membahas fakta-fakta Westminster Abbey yang jarang diketahui kebanyakan orang.

Westminster sendiri merupakan biara yang dibangun oleh para biarawan Benediktin selama “pertengahan abad kesepuluh. Sejarah mencatat Biara Westminster pertama didirikan pada tahun 960.

Fakta-Fakta Westminster Abbey

  1. Bangunan Gotik Terpenting di Dunia

Biara Westminster yang ada saat ini dibangun dan dimulai oleh Raja Henry III pada tahun 1245. Diketahui, gereja tersebut merupakan salah satu bangunan Gotik terpenting di Inggris. 

  1. Nama Resmi Westminster Abbey

Nama resmi Westminster Abbey adalah Collegiate Church of St Peter at Westminster. Kendati demikian, biara tidak beroperasi seperti gereja pada biasanya (wajib melapor ke hierarki dalam Gereja Inggris).

Sekitar tahun 1560, Westminster Abbey ditetapkan sebagai “Royal Peculiar” khusus, yang merupakan gereja dengan tanggung jawab langsung kepada Penguasa.

  1. Gereja Penobatan Kerajaan

Westminster Abbey telah menjadi gereja penobatan untuk Kerajaan Inggris sejak tahun 1066. Faktanya, sudah 39 penobatan terjadi di Westminster Abbey (dengan yang terbaru pada 2 Juni 1953).

Penobatan tahun 1953  adalah penobatan ratu Inggris terlama yang berkuasa yaitu Ratu Elizabeth II (putri tertua Raja George VI dan Ratu Elizabeth).

  1. Renovasi Lonceng Westminster Abbey

Terdapat sepuluh lonceng Westminster Abbey yang dirombak pada tahun 1971. Lonceng tersebut dibunyikan untuk festival gereja besar, hari-hari kudus, peringatan Kerajaan dan Biara, acara sipil dan untuk layanan khusus.

  1. Pernikahan di Westminster Abbey

    Pernikahan Pangeran Williams di Tampilan langi langit Westminster (twitter)

Sebanyak tujuh belas pernikahan kerajaan telah berlangsung di Westminster Abbey dengan yang paling baru pada 29 April 2011. Pernikahan tersebut antara Pangeran William of Wales (putra tertua Charles, Pangeran Wales, dan Diana). Pangeran William menikahi Nona Catherine Middleton yang kemudian menjadi Duchess of Cambridge.

  1. Perang Dunia II

Selama Perang Dunia Kedua, sekitar 60.000 karung pasir digunakan untuk melindungi makam kerajaan yang tidak dapat dipindahkan. Selain itu, kursi Penobatan dikirim untuk keselamatan ke Katedral Gloucester dan Batu Penobatan dikubur diam-diam di dalam Biara.

  1. 3.300 Orang Dimakamkan

Kini lebih dari 3.300 orang telah dimakamkan dan disemayamkan di Westminster Abbey. Diantaranya, termasuk tujuh belas raja Inggris termasuk Raja Henry V dan semua Tudor kecuali Henry VIII.

Selain itu, ada orang terkenal lainnya yang dimakamkan di Westminster Abbey termasuk Isaac Newton, Edward the Confessor dan Charles Dickens. Terbaru adalah Ratu Elizabeth II yang disemayamkan di Westminster Abbey.

  1. Arsitektur Mewah

    Tampilan langi-langit Westminster Abbey (Twitter)

Tidak dapat dipungkiri jika arsitektur di dalam Westminster Abbey sangat spektakuler. Salah satu area yang paling megah adalah Kapel Henry VII yang biasa disebut sebagai kapel Lady. Terdapat langit-langit kubah kipas gantung yang sangat indah di Westminster Abbey.

  1. Organ Gereja Lebih dari 100 Tahun

Terdapat organ yang indah di Westminster Abbey yang dibuat oleh Harrison dan Harrison. Diketahui ogan dipasang untuk Penobatan Raja George VI pada tahun 1937.  Organ tersebut menggabungkan beberapa pipa dari instrumen lima manual sebelumnya yang dibangun oleh William Hill pada tahun 1848.

  1. Ibadah di Westminster Abbey

Ibadah Reguler dilakukan di Westminster Abbey diadakan setiap Minggu dengan lima khotbah terpisah. Terdapat pendeta dan pengkhotbah tamu Biara yang membahas isu-isu teologis saat ini, agama, peristiwa dunia, dan interpretasi teks-teks alkitab.

Selain fakta Westminster Abbey, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi