Hotel Grand Surabaya 'Disulap' Jadi Tempat Istirahat Tenaga Medis

| 06 Jul 2020 13:35
Hotel Grand Surabaya 'Disulap' Jadi Tempat Istirahat Tenaga Medis
Kepala BNPB Doni Monardo (Dok. BNPB)
Jakarta, era.id - Kasus COVID-19 di Jawa Timur masih menempati angka tertingginya. Per 5 Juli 2020 saja, dari 1.000 kasus positif di seluruh Indonesia, hampir setengah kasus berasal dari Jawa Timur. 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional) Doni Monardo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah wilayah Indonesia diantaranya Surabaya untuk mendorong upaya percepatan penanganan COVID-19.

Salah satu upaya mempercepat penanganan COVID-19 dengan menjadikan Hotel Grand Surabaya sebagai tempat istirahat dan relaksasi sementara tenaga medis. Lalu Hotel Grand Surabaya sekaligus dapat mengurangi beban RS Lapangan Indrapura sebagai bagian dari sarana dan prasarana percepatan penanganan COVID-19.

"(Hotel Grand Surabaya) Hanya untuk relaksasi para dokter agar tidak kelelahan (dalam menangani COVID-19)," ungkap Doni dalam keterangannya, Senin (6/7/2020).

Doni juga mengajak warga Surabaya untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter, tenaga kesehatan, tenaga laboratorium dan semua yang bergerak di bidang farmasi dan kesehatan masyarakat. Sebab, mereka adalah pahlawan kemanusiaan.

"Warga Surabaya harus memberikan penghargaan kepada para dokter karena mereka adalah pahlawan kita dalam menghadapi COVID-19," kata Doni.

Ia melihat kondisi ruangan kamar hotel yang berada di lantai 3 untuk relaksasi para dokter dan tenaga medis lainnya. Dalam arahan presiden, penanganan COVID-19 tidak bisa bergerak sendiri-sendiri. Dalam hal ini setiap wilayah di Provinsi Jawa Timur harus bersinergi dan mengambil kebijakan dengan merujuk pada sains dan menggandeng para pakar dan ahli keilmuan yang terkait.

Selain itu, Presiden juga meminta agar Kota Surabaya dapat mensinergikan RS Rujukan dan RS Darurat, sehingga tidak terjadi penumpukan dan dapat meringankan beban tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19.

Tags : covid-19
Rekomendasi