Kemenparekraf Tantang Startup Tanah Air Bangkitkan Ekonomi Kreatif

Tim Editor

Kemenparekraf rilis BEKUP (Foto: Dok.Kemenparekraf)

Jakarta, era.id - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) resmi membuka program Baparekraf for Startup atau disingkat BEKUP yang kelima.

BEKUP adalah program tahunan yang diinisiasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sejak 2016 dalam rangka mendukung pertumbuhan startup digital di Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Di masa-masa pandemi COVID-19, Kemenparekraf dan Baparekraf mengetahui kebutuhan perusahaan startup saat ini. Maka dari itu, BEKUP bisa digunakan untuk membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah masa sulit pandemi COVID-19.

Program ini akan dilaksanakan dalam lima batch di 5 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Lebih dari 110 mentor yang ahli dibidangnya telah disiapkan oleh BEKUP 2020.

Mereka berperan untuk membimbing, mendampingi, dan memberikan bekal yang cukup untuk para startup selama program ini berlangsung. Semua kegiatan seleksi, bootcamp, dan mentoring akan dilakukan secara online

Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Josua Puji Mulia Simanjuntak mengaku sinergi pemerintah dengan para pelaku usaha termasuk startup adalah hal sangat penting untuk pemulihan ekonomi saat ini.


Kemenparekraf dan Baparekraf rilis BEKUP (Foto: Dok.Kemenparekraf)

"Melalui program BEKUP, kami ingin membuka kesempatan lebar bagi para pelaku usaha, serta mendorong terciptanya inovasi digital dan kemampuan adaptasi mereka untuk meningkatkan kualitas wirausaha," ungkap Joshua melalui konferensi video, Selasa (7/7/2020)

BEKUP 2020 juga didukung oleh jejaring coworking di Indonesia. Pelaku coworking adalah penggerak ekosistem startup dan kewirausahaan di setiap daerah. Coworking merupakan wadah di mana jejaring, ide, kolaborasi menghasilkan banyak inovasi, gerakan dan ide bisnis, yang bisa diakselerasi lewat program-program seperti BEKUP.

"Kami di komunitas Coworking Indonesia percaya bahwa pertumbuhan kewirausahaan dan ekonomi Indonesia dapat dibangun lewat kolaborasi, dan pandemi bukanlah alasan untuk menghalangi hal tersebut,” ungkap Presiden Coworking Indonesia, Faye Alund.

Pendaftaran BEKUP Batch pertama tahun 2020 akan dibuka di Jakarta pada tanggal 20 Juli 2020, lalu akan diikuti oleh batch kedua di Surabaya pada 29 Juli, ketiga di Bali pada 7  Agustus, keempat di Medan pada 20 Agustus, dan kelima di Makassar pada 1 September. Lebih dari 500 startup ditargetkan untuk berpartisipasi dalam program BEKUP 2020.

Tag: kemenparekraf ekonomi kreatif unicorn startup bekup

Bagikan: