Penjelasan Gugus Tugas tentang Penularan Covid Lewat Udara

Tim Editor

    Ilustrasi penyebaran korona lewat udara (Unspash/@macauphotoagency)

    Jakarta, era.id - Kabar penyebaran virus korona (COVID-19) lewat udara masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Terkait polemik tersebut, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Indonesia akhirnya memberi penjelasan.

    Melalui juru bicara pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, WHO menyebut penularan Covid-19 lewat udara disebabkan oleh microdroplet.

    "Berdasarkan pemberitaan WHO diyakini, penularan virus ini tetap terjadi melalui droplet," kata Achmad Yurianto saat konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, Minggu (12/7/2020).

    Lebih lanjut ia menjelaskan, hanya saja, yang menjadi masalah adalah mikrodroplet, ukurannya ini lebih kecil, dan bisa berada di udara relatif lebih lama, apalagi pada ruangan dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang tidak maksimal.

    Untuk itu, Yuri mengingatkan agar masyarakat selalu memperhatikan sirkulasi udara baik di rumah maupun di ruang kerja. Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai paparan asap rokok di ruangan tertutup.

    Terakhir ia berpesan agar masyarakat untuk terus menggunakan masker dan penutup wajah (face shield) untuk melindungi wajah dari droplet di udara secara maksimal.

    Tag: covid-19 di indonesia

    Bagikan :