Dua Kriteria Cawapres versi Jusuf Kalla

| 13 Feb 2018 16:39
Dua Kriteria Cawapres versi Jusuf Kalla
(Foto: Twitter @BappenasRI)
Jakarta, era.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebutkan ada dua kriteria yang tepat untuk menjadi calon wapres pendamping Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan Kalla untuk menanggapi kabar adanya tawaran untuk kembali mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019.

"Ya saya kira memang semua tokoh itu berbeda-beda dia punya pengalaman, (berbeda) caranya. Tetapi bagaimana seorang tokoh yang bisa dua hal," kata Kalla dilansir dari Antara, Selasa (13/2/2018).

Pertama, menurut Kalla, tokoh yang cocok jadi calon wapres harus memiliki kekuatan dukungan dan politis untuk membantu elektabilitas Joko Widodo.

Kedua, tokoh calon wapres tersebut harus memiliki kemampuan dan kapabilitas untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia, mulai dari persoalan ekonomi, sosial dan politik.

Meskipun mengaku tidak akan maju lagi dalam Pilpres 2019, JK mengatakan pihaknya belum memiliki nama yang akan direkomendasikan kepada Jokowi untuk dijadikan calon pendamping.

"Belum (ada nama). Musti dua hal itu harus memenuhi syarat, dan disamping itu juga tentu yang bisa memperluas jangkauan keterpilihan. Mungkin you punya saran, itu boleh saja," kata Kalla.

Dalam kesempatan ini dia mengatakan tidak akan maju lagi mendampingi Joko Widodo pada Pemilu 2019. Faktor usia yang membuatnya berpikiran demikian.

Dia pun menyarankan, supaya pendamping Jokowi nanti berasal dari tokoh yang lebih muda.

"Ya kan saya sudah katakan, saya ini mempertimbangkan juga dari segi umur, biar yang muda-muda," kata Kalla.

Dia memprediksi Jokowi akan maju lagi pada Pilpres 2019. Politikus senior Partai Golkar ini pun menyatakan siap mendukung Jokowi dalam Pemilu 2019.

"Pak Jokowi kan masih muda dibandingkan saya, ya otomatis beliau akan maju. Ya tentu kita mendukung beliau, bagaimana caranya? Nanti kita lihat," tambah Kalla.

Rekomendasi