Longsor di Brebes, 245 Orang Mengungsi

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Kepala Humas BNPB Sutopo (Foto: Tiwi/era.id)

Jakarta, era.id - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, korban bencana tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Brebes, Jawa Tengah, kembali bertambah. Longsor juga mengakibatkan 245 orang di sekitar lokasi harus mengungsi.

"245 orang yang tersebar di lima titik lokasi pengungsian, titik kumpul pengungsi terbanyak di SMPN 2 Sleman, Brebes. Sementara sejumlah orang hilang telah kembali ditemukan," ucap Sutopo di Graha BNPB, Jl Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (23/2/2018).

Menurut Sutopo, warga yang diungsikan untuk mengantisipasi adanya bencana tanah longsor susulan. Dirinya menjelaskan, tim dilapangan telah mendata para warga dan mendirikan dapur umum untuk warga yang mengungsi.

"Dari pendataan sementara, korban longsor kebanyakan adalah petadi dan pengendara yang melintas. Apalagi longsor terjadi ketika kondisi tidak hujan. Kita juga sudah mendirikan dapur umum untuk kebutuhan pengungsi," tambahnya.

Tim gabungan terus berupaya mencari korban yang hilang, mereka mencari para korban di sekitar sungai dan wilayah bencana tanah longsor yang terjadi Kamis (22/2). Dari hasil penelusuran tim gabungan kembali menemukan para korban yang hilang.

"Lima orang ditemukan dalam kondisi luka-luka, dua orang langsung dirawat di puskesmas terdekan dan dua lainnya dirawat di rumah sakit. Sementara sudah ada tujuh orang yang telah kembali ke rumahnya," tambahnya.

Bagikan: