Barang Koleksi Pribadi Menteri Dilelang

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Lelang koleksi pribadi menteri

Jakarta, era.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan lelang koleksi pribadi dari para menteri dan pejabat negara. Berbagai koleksi dari kain songket, lukisan, gitar hingga pakaian kerja para menteri dipamerkan.

Sebut saja, kain songket milik istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Kalla hingga baju batik favorit Menteri Ekonomi Sri Mulyani. Berbagai koleksi pribadi menteri itu punya kenangan masing-masing.

"Ada 55 barang pribadi milik para menteri dan pejabat yang akan dilelang mencakup lukisan, sepeda, alat golf, gitar, sepatu dan kain batik nusantara," kata Kasubdib Bina Lelang II DJKN Kementerian Keuangan Erris Eka Sundari kepada era.id, Selasa (27/2).



Lelang barang koleksi para menteri ini menjadi penanda perayaan 110 tahun lelang Indonesia. Salah satu koleksi pribadi yang menarik perhatian ialah baju batik tulis berlengan panjang milik Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

Baju batik dengan motif bunga itu menjadi pakaian kesayangan Sri Mulyani dan kerap dikenakan di berbagai kesempatan. "Itu dipakai beberapa kesempatan dan menjadi profile picture di webnya Kementerian Keuangan," imbuhnya.

Selain Sri, sejumlah menteri lainnya ikut dalam acara lelang koleksi pribadi di Galeri Nasional. Di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.


Menurut Erris, setiap koleksi pribadi menteri yang dipamerkan memiliki cerita dan kenangannya sendiri. "Barang yang dilelang memiliki sifat memorabilia, jadi kenangan bagi si pemiliknya," tambahnya.

Penawaran lelang akan menggunakan dua mekanisme yakni konvensional dan juga e-auction melalui situs djkn.kemenkeu.go.id. Batas akhir pengajuan penawaran pada Rabu (28/2) pukul 12.00 WIB.

"Untuk lelang konvensional penyetoran jaminan sudah bisa di mulai sejak pengumuman kita di lima hari yang lalu, kemudian bisa menyetor uang jaminan sesua katalog yang ada kemudian kami tutup satu jam sebelum pelaksanaan lelang," jelas Erris.

Tag: cara ikut lelang kpk lelang barang pejabat

Bagikan: