Kim Jong-un Pakai Paspor Palsu ke Luar Negeri

| 28 Feb 2018 16:20
Kim Jong-un Pakai Paspor Palsu ke Luar Negeri
Ilustrasi. (Pixabay)
Jakarta, era.id - Lima sumber dari lembaga keamanan negara di Eropa Barat mengungkapkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan almarhum ayahnya, Kim Jong-il, menggunakan paspor Brasil untuk mendapatkan visa mengunjungi dua negara barat pada tahun 1990-an. 

Paspor palsu yang beredar memperlihatkan identitas dan alamat palsu kedua pemimpin Korut tersebut. Tertera juga foto di masing-masing paspor atas nama Josef Pwag dan Ijong Tchoi. Salah satu anggota  lembaga keamanan AS yang tidak ingin disebutkan namanya membenarkan hal itu.

"Mereka menggunakan paspor Brasil itu. Yang jelas menunjukkan foto-foto Kim Jong-un dan Kim Jong-il untuk mencoba mendapatkan visa dari kedutaan asing," kata sumber, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (28/2/2018).

Dia mengatakan, paspor tersebut bisa menjadi upaya dua pemimpin Korsel itu membangun jalur pelarian ketika terlibat masalah. Kemungkinan lainnya, paspor itu digunakan untuk mengunjungi destinasi wisata di sejumlah negara.

"Itu (paspor) menunjukkan keinginan untuk melakukan perjalanan. Merujuk pada usaha keluarga yang berkuasa membangun jalur pelarian," lanjutnya.

Selain dua negara di barat, paspor palsu tersebut diduga digunakan Kim Jong-un dan Kim Jong-il untuk bepergian ke Brazil, Jepang dan Hong Kong.

Hingga berita ini diturunkan, Kedutaan Besar Korea Utara di Brasil menolak berkomentar. Sementara Kementerian luar negeri Brazil mengatakan pihaknya sedang menyelidiki paspor palsu tersebut.

Tags :
Rekomendasi