Misteri Baru, Kim Jong-un Disebut Pakai 'Pemeran Pengganti'

| 05 May 2020 10:35
Misteri Baru, Kim Jong-un Disebut Pakai 'Pemeran Pengganti'
Kim Jong-un (KCNA)
Jakarta, era.id - Spekulasi mengenai kematian Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un belum usai meskipun pemimpin yang sempat diisukan meninggal dunia karena sakit jantung itu telah muncul di publik.

Jong-un akhirnya 'nongol' usai absen selama setidaknya tiga pekan dari kegiatan kenegaraan karena harus menjalani operasi jantung. 

Media resmi pemerintah Korea Utara (KCNA) terus melaporkan keadaan pemimpin berusia 36 tahun itu tetapi tidak pernah merilis bukti foto atau video untuk membantah rumor yang beredar di luar negeri tentang kematiannya. Akhirnya KCNA merilis video dan foto Jong-un dalam peresmian pabrik pupuk di dekat Pyongyang, menandai penampilan publik pertamanya sejak 11 April silam.

Tapi spekulasi belum usai. Banyak warganet yang mempertanyakan perbedaan penampilan dan tubuh Jong-un pascaoperasi.

Beberapa pengguna media sosial menunjukkan perbedaan wajah, garis rambut, dan gigi antara Jong-un yang sekarang dengan penampilannya sebelum 'menghilang'.

Aktivis hak asasi manusia Jennifer Zeng adalah warganet pertama yang 'ngeh' perbedaan antara dua versi Kim Jong-un, termasuk perbedaan pada gigi, dan telinga. 

"Apakah Kim Jong-un yang muncul pada 1 Mei adalah yang asli ?," tanyanya di Twitter bersama dengan perbandingan sisi-sisi dari penampilan 'lama dan baru' Jong-un.

 

Warganet lain juga mengamini Kim Jong-un terlihat sedikit berbeda selama penampilannya baru-baru ini. Akhirnya teori konspirasi pun bermunculan.

"Pernahkah kamu melihat foto terbaru Kim Jong-un? Dia terlihat sedikit berbeda. Teoriku adalah dia mati dan digantikan oleh kloningan atau yang mirip, atau sudah lama tidak dikenal publik karena dia pulih dari operasi plastik," ujar salah satu warganet, seperti dikutip dari Ibtimes, Selasa (5/4/2020).

 

Warganet meyakini pemerintah Korut menggunakan body double (tubuh ganda) kepada Kim Jong-un untuk menggantikannya agar menepis kondisi kesehatan Jong-un yang sesungguhnya. Tubuh ganda adalah orang yang menggantikan adegan dengan aktor lain sehingga wajah orang tersebut tidak ditampilkan dalam pembuatan film.

Stunt double atau body double dapat digunakan dengan pemeran pengganti semirip mungkin dengan aktir aslinya. Salah satu pemakaian body double yang paling terkenal adalah pada Paul Walker saat film Furious 7.

Seperti diketahui, Paul Walker tewas akibat kecelakaan mobil. Padahal ia sedang menyelesaikan Furious 7, alhasil tim produksi menggunakan dua saudara lelaki Paul Walker, Caleb dan Cody, yang berakting sebagai Brian O'Connor dalam adegan film ini. 

"Kami memindai mereka dan bekerja dengan mereka dalam adegan ini, memberikan kami sesuatu yang semirip mungkin dengan Paul," kata pembuat special effect film, Joe Letteri seperti dilansir Hollywood Reporter.

Lalu, bagaimana dengan Kim, Kamu percaya?

Tags : kim jong un
Rekomendasi