Viral Buaya Diduga Jadi-jadian di Sungai Tello Makassar, Jadi Tontonan Warga

| 11 Nov 2020 20:21
Viral Buaya Diduga Jadi-jadian di Sungai Tello Makassar, Jadi Tontonan Warga
Ilustrasi buaya (Wikimedia Commons)

ERA.id - Beberapa warga di sekitar jembatan Tello, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, berkerumun di samping sungai karena melihat buaya terdampar di sekitar jembatan tersebut.

Anehnya, bukannya menjauh, para warga berbondong-bondong menonton buaya itu. Malah, ada perempuan berjilbab yang mendekati buaya itu dan memegang-megangnya sembari mulutnya berkomat-kamit seperti mengucapkan sesuatu.

Kejadian itu direkam oleh seseorang dan diunggah oleh akun Instagram @info_kejadian_makassar. "Ada penemuan buaya di sungai Tello Makassar depan MTos, Senin 11 November 2020, kiriman followers." tulis admin.

Unggahan itu lalu ditanggapi akun bernama @wahyudin.sym. Menurutnya, itu adlaah buaya biasa. Tidak perlu dibuat seperti keajaiban. "Buaya biasaji itu kodong, jammeki baca2i."

Sekadar diketahui, di Makassar atau di Sulawesi Selatan, sudah dari dulu memang cerita dongeng soal buaya putih di sekitar jembatan Tello menjadi kisah buat anak-anak agar berhati-hati, apalagi berenang di sekitar sungai.

Konon, menurut cerita dongeng tetua dulu, ketika seekor buaya putih muncul secara tiba-tiba, itu menandakan akan terjadi sesuatu yang sakral menurut masyarakat sekitar.

Selain itu, cerita mitos tentang nenek moyang berwujud buaya, juga sering dikait-kaitkan dengan keberuntungan, lantaran warga kerap membawa sesajen.

Sayangnya, dalam video itu, buaya itu adalah buaya kanal atau buaya sungai biasa. Bukan buaya putih yang kerap didongengkan. Dan sejatinya, sungai Tello memang wajar jika dihuni buaya, sebab itulah tempat tinggalnya.

Tags : viral makassar
Rekomendasi