Viral Dua Buaya Besar Pamerkan Dirinya di Sungai Teluk Dawan Tanjabtim Jambi

| 07 Jul 2023 08:38
Viral Dua Buaya Besar Pamerkan Dirinya di Sungai Teluk Dawan Tanjabtim Jambi
Ilustrasi buaya (WIkimedia Commons)

ERA.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi mengimbau warga di daerah Sungai Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak, Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim), agar mewaspadai buaya muara di sepanjang aliran sungai yang melintasi perumahan warga.

"Dengan viralnya kemunculan dua ekor buaya muara ukuran besar di bawah jembatan Teluk Dawan, Kabupaten Tanjungjabung Timur beberapa hari lalu, pihak BKSDA minta warga sekitar untuk waspada sehingga tidak jatuh korban jiwa," kata Kepala Seksi Wilayah III Tanjungjabung Timur BKSDA Jambi Kamaruzzaman, Kamis kemarin.

Petugas dari BKSDA Jambi telah mendatangi lokasi kemunculan buaya tersebut dan diindikasi buaya tersebut muncul karena air sedang surut dan diduga buaya itu mau kawin atau masuk musim kawin.

Sementara data petugas BKSDA Jambi menyebutkan populasi buaya muara di Sungai Teluk Dawan ini terus meningkat setiap tahun dan diperkirakan populasinya telah mencapai 100 hingga 200 buaya.

Sementara itu masyarakat sekitar mengungkapkan kekhawatiran mereka atas kemunculan dua ekor buaya muara tersebut di perairan sungai setempat. Karena kemunculan buaya sudah sering terjadi, masyarakat mengharapkan adanya tindakan pemerintah agar tidak ada terjadi konflik antara buaya dan manusia.

Kemunculan dua buaya berukuran besar di bawah jembatan Sungai Teluk Dawan itu menghebohkan masyarakat dan menjadi tontonan warga yang melintas di lokasi kejadian. Video mengenai hal itu sempat viral di media sosial.

Berdasarkan rekaman video milik warga, dua buaya muara berukuran sekitar lima meter berenang di permukaan air di bawah jembatan Teluk Dawan.

Tags : buaya viral jambi
Rekomendasi