Pemimpin Korut Bertemu Pejabat Senior Korsel

Tim Editor

Pertemuan Korea Utara dan Korea Selatan (Foto: Reuters)

Seoul, era.id - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu dengan pejabat senior pemerintah Korea Selatan untuk pertama kalinya. Menurut kantor berita Korea Utara, seperti dilansir dari Reuters, Jong Un menyatakan keinginan kuatnya dalam memajukan dan menyatukan kembali hubungan antar-Korea.

Senin (5/3/2018),10 delegasi anggota Korea Selatan yang dipimpin Kepala Kantor Keamanan Nasional Chung Eui-yong melakukan perjalanan ke ibu kota Korea Utara, Pyongyang dengan harapan dapat mendorong Korea Utara dan Amerika Serikat saling berbicara satu sama lain.

Seperti diketahui, Washington dan Pyongyang berselisih selama berbulan-bulan terkait program nuklir dan rudal Korea Utara. Kedua pemimpin mereka, Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong Un, bahkan saling menghina dan mengancam akan memulai perang.

Korea Utara telah mengembangkan rudal bertingkat nuklir yang mampu menjangkau Amerika Serikat. Kabar baiknya, Pyongyang dan Washington ingin hadirnya solusi diplomatik.

Ketegangan antara Korea Selatan dan Korea Utara mereda selama perhelatan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan baru-baru ini. Kim Jong Un mengundang Presiden Moon Jae-In ke Korea Utara untuk menghadiri sebuah pertemuan puncak delegasi tingkat tinggi Korea Utara. 

"Mendengar niat Presiden Moon Jae In menghadiri pertemuan puncak dari utusan khusus di sisi selatan, (Kim Jong Un) bertukar pandangan dan membuat kesepakatan yang memuaskan," kantor berita Korea Utara mengatakan.

Sayangnya, badan tersebut tidak memberikan rincian tentang kesepakatan yang dilakukan kedua negara.

 

Tag: pertemuan korut-korsel

Bagikan: