Hadapi Ancaman Nuklir Korea Utara, AS dan Korea Selatan akan Berunding Pekan Depan

| 07 Apr 2023 21:15
Hadapi Ancaman Nuklir Korea Utara, AS dan Korea Selatan akan Berunding Pekan Depan
Pasukan Korea Selatan menembakkan Rudal Hyunmoo ke perairan Laut Timur dalam latihan militer di Korea Selatan, Senin (4/9/2017). (Defense Ministry/Yonhap/via RE)

ERA.id - Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) akan berunding untuk membahas upaya menangkal ancaman militer Korea Utara (Korut) dan masalah-masalah terkait aliansi lainnya di Washington pekan depan, kata Kementerian Pertahanan Korsel di Seoul, Jumat (7/4/2023).

Dialog Pertahanan Terpadu (KIDD) antara kedua negara selama dua hari itu dijadwalkan akan berlangsung mulai Selasa pekan depan.

KIDD adalah pertemuan pertahanan tingkat pejabat senior yang komprehensif antara kedua negara bersekutu tersebut yang diluncurkan pada 2011. Pertemuan terakhir diadakan di Seoul pada Agustus tahun lalu.

Dialog pekan depan nanti dilaksanakan di tengah provokasi terus menerus dari Pyongyang yang baru-baru ini meluncurkan peluru kendali hulu ledak nuklir taktis Hwasan-31.

Korsel akan diwakili oleh Wakil Menteri Kebijakan Pertahanan Heo Tae-keun akan memimpin perwakilan Korsel, sedangkan delegasi AS akan dipimpin oleh Ely Ratner, asisten menteri pertahanan urusan keamanan Indo-Pasifik, dan Siddharth Mohandas, wakil asisten menteri pertahanan urusan Asia Timur.

Perundingan itu akan membahas berbagai isu, termasuk koordinasi kebijakan tentang cara merespon dan mencegah ancaman nuklir dan rudal Korut, kata Kementerian Pertahanan Korsel seperti dilansir dari Antara.

Kedua pihak juga akan membahas peningkatan kerja sama teknologi pertahanan, ruang angkasa dan siber, kerja sama keamanan trilateral dengan Jepang, dan masalah-masalah keamanan lainnya terkait aliansi tersebut.

Rekomendasi