Anak-anak Jadi Sasaran Narkoba Jenis Baru

| 07 Mar 2018 05:03
Anak-anak Jadi Sasaran Narkoba Jenis Baru
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengidentifikasi 68 narkoba jenis baru selama 2017. Celakanya, sebagian besar narkoba diciptakan untuk menyasar anak-anak.

Tak hanya 2017, tahun ini pun BNN menemukan banyak narkoba jenis baru. Sepanjang bulan ini saja, sudah tiga narkoba jenis baru ditemukan BNN. Kata Deputi Pencegahan BNN, Ali Johardi, narkoba jenis baru bisa muncul setiap bulan.

"Narkotika jenis baru semakin marak. Pada 2017 ada 68 jenis narkotika baru," ungkap Ali, sebagaimana dikutip Antara, Selasa (6/3/2018).

Modus operandi sindikat pengedar narkoba pun makin banyak. Apalagi narkoba-narkoba yang ditujukan untuk anak-anak kerap dicampur dalam makanan dan minuman sehingga lebih menarik perhatian.

Selain dicampur ke dalam makanan dan minuman, ada juga narkoba yang dicampur dengan tinta spidol beraroma kuat, hingga tato mainan yang biasa digunakan anak-anak.

Kepala Subdit Pengawasan Produk Tembakau, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Moriana Hutabarat membantah temuan BNN soal narkoba pada permen dan makanan atau jajanan anak-anak.

Sementara itu, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Kesehatan, Siti Hikmawatty mengaku menemukan kasus pencampuran zat narkotika pada minuman teh yang dituang ke dalam plastik minuman.

Praktik itu dilakukan pedagang di sebuah warung di sekitar sekolah dengan tujuan membuat anak-anak ketagihan dan selalu ingin membeli minum di warung tersebut.

Tags : narkoba
Rekomendasi