KPK Bahas Penguatan Kerja Sama dengan Iran

| 07 Mar 2018 12:49
KPK Bahas Penguatan Kerja Sama dengan Iran
Perwakilan Kedubes dan Parlemen Iran (Foto: Suriaman/era.id)
Jakarta, era.id - Perwakilan Kedutaan Besar dan Parlemen Iran mengunjungi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (7/3/2018). Sejumlah penguatan kerja sama penanganan korupsi dilakukan kedua negara.

"Sebelumnya KPK telah melakukan kerja sama dengan Iran. Ke depan tentu dapat dilakukan penguatan kerja sama," terang juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah melalui pesan singkat.

Kerja sama yang telah dijalin KPK dengan Iran, sebut Febri, di antaranya MoU KPK dengan General Inspection Organization (GIO) Iran pada 2007 dan melibatkan lembaga itu dalam Konferensi Lembaga Pengawas Internal pada 2009. Selain itu, ada juga kerja sama Indonesia-Iran dalam forum United Nations Convention against Corruption (UNCAC) atau Konvensi PBB Antikorupsi.  

Adapun penguatan kerja sama ke depan, menurut Febri, dapat dilakukan berupa pertukaran informasi dan sharing pembelajaran keberhasilan program pemberantasan korupsi Indonesia dan Iran.

"Serta pelatihan-pelatihan yang nanti akan dilakukan KPK lebih fokus melalui ACLC (Anticoruption Learning Center)," ujar Febri.

Perwakilan Kedubes dan Parlemen Iran tiba di gedung lembaga antirasuah sekitar pukul 09.57. Turun dari mobil yang ditumpanginya, rombongan langsung memasuki gedung bersama pegawai KPK yang telah menunggu setengah jam sebelum mereka tiba.

Rombongan tersebut tidak menyampaikan sepatah kata pun kepada awak media yang biasa meliput di gedung KPK.

Tags : kpk