Kapendam Jaya: Kapal yang Tenggelam Layak Jalan

| 13 Mar 2018 22:06
Kapendam Jaya: Kapal yang Tenggelam Layak Jalan
Kecelakaan Kapal TNI yang tenggelam (Foto: Screenshot Youtube)
Jakarta, era.id - Satu dari dua unit kapal motor cepat (KMC) milik Kodam Jaya tenggelam di perairan Kepulauan Seribu. Pihak Kodam Jaya membantah kapal tersebut dalam kondisi tidak layak pakai. 

Kapendam Jaya Letkol Inf Kristomei Sianturi menjelaskan, sebelum berangkat ke Kepulauan Seribu kondisi kapal dalam kodisi yang baik dan siap beroperasi.

"Perawatan rutin kita kerjakan, rutin kita lakukan. Ini terbukti kondisi kapal layak berangkat dari awal," ucap Kristomei saat dihubungi era.id, Selasa (13/3/2018).

Pihak Kodam Jaya juga telah membentuk tim investigasi untuk menyelidiki penyebab tenggelamnya KMC 16-05 di perairan Kepulauan Seribu. Para awak kapal juga akan dimintai keterangannya.

"Jadi, hari ini pemanggilan terhadap ketiga awak kapal untuk ditanyai tentang bagaimana runtutan kejadian kemarin. Karena kan mereka lah yang lebih tahu tentang peralatan yang mereka awaki," jelasnya.

Kodam Jaya juga akan berkoordinasi dengan pihak Lantamal dan Pemprov DKI Jakarta terkait evakuasi kapal yang tenggelam. 

Dalam kegiatan ini, Kristomei mengatakan, Kodam Jaya memberangkatkan personel sebanyak 115 orang dengan menggunakan dua kapal yaitu kapal cepat komando (KMC) AD-04-15 dan Kapal cepat komando (KMC) AD-16-05. Sebanyak 65 orang di antaranya, menumpangi KMC AD 16-05 yang tenggelam.

"Dalam perjalanan Kapal KMC AD 16-05 mengalami mati mesin. Air mulai masuk akibat tingginya gelombang dan akibatnya kapal tenggelam pada 11.10 WIB," tutur Kristomei.

Dalam kecelakaan tersebut, kata dia, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan KMC AD-16-05, karena semua personel berhasil dievakuasi ke KMC AD-04-15 dekat Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

 

Rekomendasi