Kapal Nelayan Tenggelam di Banyuwangi, SAR Perluas Pencarian Tiga Korban Hilang

| 09 Sep 2023 13:00
Kapal Nelayan Tenggelam di Banyuwangi, SAR Perluas Pencarian Tiga Korban Hilang
Tim SAR gabungan melakukan pencarian tiga korban kapal nelayan Mekar Jaya yang tenggelam di Pantai Grajagan Banyuwangi, Jawa Timur. Sabtu (9/9/2023) ANTARA/HO-Humas Pos SAR Banyuwangi

ERA.id - Pencarian tiga korban tenggelamnya kapal nelayan Mekar Jaya diperluas oleh Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan Banyuwangi hingga radius 5 mil dari lokasi kejadian di Pantai Grajagan, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kapal Mekar Jaya dengan 27 Anak Buah Kapal (ABK) itu tenggelam setelah dihempas ombak hingga terbalik di Pantai Grajagan, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, pada Rabu (6/9/2023) dini hari.

Empat orang dinyatakan tewas, 20 orang ditemukan selamat, sedangkan tiga korban masih dalam pencarian.

"Pada hari ini sudah memasuki hari keempat tenggelamnya Kapal Mekar Jaya, Tim SAR gabungan saat ini memperluas pencarian dari titik lokasi kecelakaan laut hingga 5 mil," ujar Koordinator Pos SAR Banyuwangi Wahyu Setia Budi seperti dilansir dari Antara, Sabtu (9/9/2023).

Wahyu mengaku dalam pencarian tiga korban yang masih dinyatakan hilang terkendala oleh tingginya ombak sehingga Basarnas Banyuwangi tetap menggunakan perahu karet.

"Operasi pencarian tiga korban pada hari keempat, kami menggunakan perahu karet karena bisa menyesuaikan saat menyisir sekitar lokasi kejadian tenggelamnya kapal nelayan tersebut," lanjutnya.

Pencarian korban Kapal Mekar Jaya juga melibatkan Polair Grajagan, Pos AL Muncar, BPBD, Pos Kamladu Grajagan, Ambulans RAPI, 851 Banyuwangi, dan nelayan setempat.

Berikut ini daftar nama-nama korban tenggelamnya Kapal Mekar Jaya di Pantai Grabagan.

Empat korban meninggal yaitu: Sumarno warga Desa Tembok Rejo; Sukar (nakhoda) warga Kecamatan Purwoharjo; Toso asal Kecamatan Srono; dan Wakik asal Jember.

Korban dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian yaitu: Tolib, Dorik dan To.

Sementara korban selamat yaitu: Arni, Aan, Wahit, Solikin, Paiidek, Agus, Gunawan, Jiman, Sukar Bodong, Huda, Sujat, Sabar, Oblok, Supar, Mawi, Siong, Iksan, Tabah, Jaenal, dan Yoyok.

Rekomendasi