Pesaing Agus Yudhoyono Muncul dari Internal Demokrat

Tim Editor

Agus Yudhoyono dan Tuan Guru Bajang (Instagram)

Jakarta, era.id - Partai Demokrat makin serius menggodok nama yang akan diusung menjadi calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019. Dua nama yang masuk dapur penggodokan adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Zainul Majdi atau yang dikenal dengan Tuan Guru Bajang (TGB).

Agus merupakan komandan Kogasma yang memimpin usaha pemenangan Partai Demokrat pada Pemilu 2019, sedangkan TGB adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat dan anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Jangan lupa, TGB itu anggota majelis tinggi partai. Kami akan bahas bersama," kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Elektabilitas Agus perlahan naik meski masih jauh di bawah Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Adapun TGB makin populer setelah LSI memasukkan namanya sebagai cawapres dari kalangan Islam dengan elektabilitas 74,8 persen pada Desember 2017.

Menurut Hinca, Majelis Tinggi Partai Demokrat akan menggodok dua nama itu sebelum menetapkan figur yang bakal diusung pada pemilu tahun depan. Hinca menyampaikan, rekomendari dari Majelis Tinggi Partai Demokrat akan dipatuhi seluruh internal partainya.

"Demokrat baru akan memutuskan setelah Majelis Tinggi Partai (mengeluarkan rekomendasi)," ujar Hinca.
 
Dalam Rapimnas, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memastikan partainya akan mengusung calon pada Pemilu 2019. Kepastian mengusung calon pada tahun depan berbeda dengan sikap Partai Demokrat pada 2014 yang memilih jadi penyeimbang.
 
"Insya Allah, 2019 Partai Demokrat akan mengusung pasangan capres dan cawapres yang paling tepat dan paling baik," kata SBY, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3).
 
Namun, pernyataan SBY masih menyimpan pertanyaan apakah calon yang akan diusung itu adalah kader Demokrat atau bukan. Apalagi, dalam pidato itu, SBY juga sempat memberi sinyal soal kemungkinan Demokrat mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu 2019.

Sementara Agus, yang memegang komando Partai Demokrat memenangkan Pemilu 2019 mengatakan partainya akan fokus menggaet pemilih muda. Menurut Agus, jumlah pemilih muda bukan hanya besar, tapi juga menentukan masa depan Indonesia.
 
"100 juta orang, angka tersebut adalah generasi milenial. Harus mampu memenangkan hati dan pikiran anak muda," kata Agus, Minggu (11/3).

 

Tag: pemilu 2019 agus yudhoyono partai demokrat

Bagikan: