Desa Adat Kuta Gelar Lomba Ogoh-ogoh

| 17 Mar 2018 04:28
Desa Adat Kuta Gelar Lomba Ogoh-ogoh
Ilustrasi Ogoh-ogoh. (pixabay)
Kuta, era.id - Desa Adat Kuta, Kabupaten Badung, Bali, menggelar lomba Ogoh-ogoh (boneka raksasa berkepribadian Bhuta Kala) menjelang Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1940 di Kuta, Badung, Bali, Jumat malam. Selain untuk perayaan Hari Suci Nyepi, lomba ini digelar untuk melestarikan budaya Bali.

"Lomba Ogoh-ogoh ini kami gelar selain untuk menyambut Hari Raya Nyepi, juga untuk mengapresiasi kreativitas pemuda di kawasan Desa Adat Kuta, sekaligus untuk melestarikan seni budaya Bali," ujar Bendesa Adat Kuta, I Wayan Swarsa dilansir Antara, Jumat (16/3/2018) malam.

Wayan Swarsa mengatakan, lomba Ogoh-ogoh tersebut juga melibatkan wisatawan mancanegara yang merupakan tamu hotel di Desa Adat Kuta sebagai juri penilai lomba Ogoh-ogoh favorit.

"Itu kami lakukan sebagai salah satu upaya mengenalkan seni budaya tradisional Bali kepada wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara," ujarnya.

Wayan Swarsa menjelaskan, lomba Ogoh-ogoh tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu lomba Ogoh-ogoh kategori favorit dan Ogoh-ogoh kategori seni pagelaran sendratari.

"Untuk kategori seni penilaiannya dilakukan dari bentuk seni Ogoh-ogoh dan saat pementasan sendratari tari Ogoh-ogoh di Pura Desa," kata Wayan Swarsa.

Lomba Ogoh-ogoh di wilayah Kuta diikuti oleh 13 Sekeha Teruna (kelompok pemuda) dari 13 Banjar se-Desa Adat Kuta.

Tak hanya diikuti oleh pemuda, sejumlah anak-anak juga ikut berpartisipasi mengarak Ogoh-ogoh berukuran kecil pada kegiatan yang menarik perhatian ribuan warga wisatawan yang memadati area perlombaan.

Tags : nyepi
Rekomendasi