Tarif TransJ Premium Jadi Rp10 Ribu

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Transjabodetabek Premium menunggu penumpang (Puty/era.id)

Jakarta, era.id - Harga tiket Transjabodetabek Premium turun dari Rp20 ribu jadi Rp10 ribu. Hasil evaluasi sepekan, peminat bus ini masih jauh dari harapan. 

Dirut PT Transjakarta Budi Kaliwono menjelaskan, turunnya tarif merupakan kesepakatan Transjakarta dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. Kebijakan ini mulai diterapkan terhitung Senin (19/3/2018) ini.

Menurut Budi, bus ini sifatnya masih uji coba. Dia berkilah, bukan hal yang aneh jadi kalau jumlah penumpangnya masih terbilang sedikit. Padahal bus ini jadi salah satu alternatif dari pemerintah untuk warga Bekasi ke Jakarta supaya mau meninggalkan kendaraan pribadinya. Apalagi dengan penerapan kebijakan ganjil-genap di Tol Cikampek.

"Karena uji coba enggak bisa diukur antusias dan segala macam, jadi tunggu waktulah," kata Budi di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat.

Budi mengakui sepekan beroperasi di Bekasi, antusias warga masih minim. Tapi dia tidak menyebut berapa angka total penumpang yang naik ke Transjakarta Premium saat ini. Salah satu penyebab sedikitnya antusias warga menjajal bus Premium ini karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan Transjakarta.

"Memang sosialisasinya harus diagresifkan lagi," ungkap Budi. 

"Memang di angkutan itu tidak ada yang bisa langsung sesuai, jadi di-supply dulu nanti pelanggannya baru ramai," tambahnya. 

Baca: Putar Balik Demi Hindari Ganjil-Genap Cikampek

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, penurunan tarif ini karena transportasi tersebut belum optimal menyerap penumpang. Hasil hitungan mereka, TransJ premium cuma mampu menyerap 30 persen penumpang saat kebijakan ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek diberlakukan pada 06.00-09.00 WIB.

Disebut premium karena bus ini disiapkan WiFi yang cukup untuk berselancar di media sosial. Terselamatkanlah kita dari 'mati gaya' menembus kemacetan. Jangan lupakan juga fasilitas stopkontak.

Tag: ganjil-genap tol cikampek

Bagikan: