Probosutedjo Akan Dimakamkan di Jogja

| 26 Mar 2018 09:48
Probosutedjo Akan Dimakamkan di Jogja
Probosutedjo (Mia/era.id)
Jakarta, era.id - Probosutedjo, adik Presiden kedua RI Soeharto, meninggal dunia di RSCM Jakarta, Senin (26/3/2018), sekitar pukul 07.00 WIB. Jenazahnya akan disemayamkan di rumah duka hingga pukul 12.00 WIB.

"Rumah duka di Jalan Diponegoro Nomor 20, Jakarta Pusat," kata Sekjen Partai berkarya, Badarudin Andi Picunang, kepada era.id.

Andi mengaku belum mendapat informasi mengenai sakit yang diderita Probosutedjo dan berapa lama dia dirawat di RSCM. Andi hanya menyampaikan jenazah pria kelahiran Kemusuk, 1 Mei 1930 itu akan dimakamkan di Yogyakarta pada sore hari nanti.

Probosutedjo merupakan pengusaha dan Direktur Utama PT Menara HutanBuana. Dia juga memiliki Yayasan Menara Bhakti dan Universitas Mercu Buana di Jakarta serta Yogyakarta. Semasa hidupnya, Probosutedjo mendirikan Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia.

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pernah menghukumnya empat tahun penjara pada April 2003. Probosutedjo terjerat kasus penyalahgunaan dana reboisasi hutan tanaman industri (HTI) yang diduga merugikan negara lebih dari Rp100 miliar.

Probosutedjo lalu mengajukan kasasi pada Juni 2004, namun putusan kasasinya berlarut-larut. Dia bahkan mengklaim telah menyogok Bagir Manan dan hakim lain (yang menangani kasasinya) pada 2005. 

Akibat pernyataannya ini, Probosutedjo dijatuhi hukuman penjara selama empat tahun dengan denda sebesar Rp30 juta (subsider 3 bulan penjara). Dia juga harus membayar kembali Rp100,931 miliar sebagai pengganti uang pada kasus korupsi HTI.

Probo dibebaskan dari lapas Sukamiskin pada 12 Maret 2008.

Tags :
Rekomendasi