Beras Merah Buton Segera Go International

| 28 Mar 2018 19:13
Beras Merah Buton Segera <i>Go International</i>
Ilustrasi (Pixabay)
Kendari, era.id - Kabar baik datang dari Sulawesi Tenggara. Abu Hasan, Bupati Buton Utara mengumumkan kabar soal padi organik daerahnya yang akan segera mendapat sertifikasi internasional.

Menurut Hasan, Kementerian Pertanian (Kementan) berperan amat penting dalam mendorong terwujudnya sertifikasi ini. Dengan berbagai upaya yang dilakukan, Hasan yakin sertifikasi internasional dapat dirampungkan pada pertengahan tahun ini.

"Saat ini beras merah organik Buton Utara masih dalam proses di internasional. Atas bantuan Kementerian Pertanian untuk mendapatkan sertifikasi internasional," kata Hasan sebagaimana dilansir Antara, Rabu (28/3/2018).

Hasan bilang, beras merah organik Buton Utara ini sangat istimewa karena diolah secara tradisional. Tanpa bantuan mesin, apalagi robot.

"Tidak diolah melalui mesin giling. Tetapi ditumbuk oleh para petani itu sendiri," kata Hasan.

Sertifikasi internasional, diyakini Hasan bakal memberi dampak baik bagi pemasaran beras ini. Hasan yakin, dengan sertifikasi internasional, daerahnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mendorong ekspor beras tadi.

"Karena orang luar negeri akan membeli produk kita jika sudah mendapat pengakuan internasional melalui sertifikasi internasional," kata Hasan.

"Kalau saat ini yang baru mendapatkan sertifikasi nasional saja sudah banyak permintaan. Bahkan kadang kita kewalahan memenuhinya karena faktor keterbatasan dari petani," tambahnya.

Rekomendasi