Beredar Foto Lawas R.A Kartini Pakai Kerudung dan Kacamata, Cek Faktanya

| 01 May 2021 19:02
Beredar Foto Lawas R.A Kartini Pakai Kerudung dan Kacamata, Cek Faktanya
Hoaks foto Kartini pakai kerudungan dan kacamata. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebuah akun Twitter Prisma Hetmina Masie (@prisma93246654) mengunggah cuitan berupa foto yang diklaim sebagai foto asli R.A Kartini yang berkerudung dan berkacamata. Unggahan tersebut mendapat atensi sebanyak 786 suka, 172 retweet, dan 111 balasan.

"Inilah Poto wajah Asli RA.Kartini yg ternyata Berhijab, tdk spt yg kita lihat selama ini," tulis narasi pada postingan tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, foto unggahan tersebut ternyata telah melalui proses penyuntingan. 

Sejarawan sekaligus kepala program studi Ilmu Sejarah Universitas Indonesia Linda Sunarti mengutarakan keraguannya atas keaslian foto tersebut.

“Kita harus masuk ke jiwa zaman tersebut. Pemakaian kerudung yang seperti itu belum lumrah di zaman itu. Coba lihat foto-foto surat kabar di era itu. Perempuan Muhammadiyah saja tidak ada yang berkerudung seperti itu. Jadi saya ragu terhadap keaslian foto tersebut,” jelas Linda kepada kumparan, Senin (23/4/2018).

Selaras dengan Linda, sejarawan sekaligus pendiri Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali, mengonfirmasi bahwa foto tersebut tidak benar.

“Foto itu hoaks, hasil olah digital. Saya punya banyak foto Kartini dari berbagai angle dan tidak ada yang pakai jilbab. Jadi itu pemaksaan, itu pembohongan publik ” kata Asep saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Selain itu, informasi serupa pernah dibahas oleh Turn Back Hoax dalam artikel berjudul “[SALAH] Foto RA Kartini Berjilbab dan Berkaca mata.” yang terbit pada 23 April 2019.

Dari berbagai fakta yang telah dijabarkan, unggahan akun Twitter Prisma Hetmina Masie (@prisma93246654) dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

Rekomendasi