Beredar Video Suasana Jalan Tikus Dipadati Pemudik hingga Timbul Kemacetan, Cek Faktanya

| 10 May 2021 08:11
Beredar Video Suasana Jalan Tikus Dipadati Pemudik hingga Timbul Kemacetan, Cek Faktanya
Video viral pemudik diklaim berada di jalan tikus. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar video di media sosial yang diklaim suasana jalan tikus yang dilalui pemudik hingga menimbulkan kemacetan. Video yang viral itu salah satunya diunggah oleh akun Twitter @Midjan_La_2.

Video itu diklaim sebagai video kemacetan jalan tikus dalam konteks mudik lebaran tahun 2021. Video yang diunggah pada 5 Mei 2021 itu telah ditonton sebanyak 365 kali.

"Jalan Tikus juga sudah macet😐," tulis akun tersebut.

Video viral pemudik diklaim berada di jalan tikus. (Foto: Istimewa)

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, video cuitan itu ditemukan pada akun TikTok Arex Ari Kristyanto. Dalam keterangannya, video yang diunggah pada tahun 2020 itu merupakan kegiatan bakti sosial yang berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp140.000.000.

"Saking lama ny gak ada event.. bukan masalah.. macet ny tp niat bget hadiri baksosny.. alhamdullah tembus 140jt lebih..dana terkumpul.. #fypシ," tulisnya.

Mengutip dari kumparan, pengunggah video TikTok itu lupa akan lokasi pengambilan video tersebut, antara Pati atau Wonosobo, Jawa Tengah. Sebab kegiatan tersebut telah lama dilakukannya.

"Jangan salah paham. Itu bukan video mudik. Itu video ngetrai. Buat beramal, baksos," ujarnya kepada kumparan, Rabu (5/5).

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Kodok Ijo II 🐸 😷 (@Midjan_La_2) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

Rekomendasi