Ini Titik Jalur Mudik Lebaran di Cimahi dan Bandung Barat yang Berpotensi Padat

| 22 Mar 2023 10:37
Ini Titik Jalur Mudik Lebaran di Cimahi dan Bandung Barat yang Berpotensi Padat
Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono saat memetakan jalur mudik (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Pihak kepolisian menyebutkan jalur mudik di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) kondisinya cukup baik dan siap untuk dilintasi pemudik lebaran nanti.

Seperti diketahui ada dua jalur arteri yang biasanya dilewati pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor dari arah Bogor, Cianjur, Sukabumi, maupun Jakarta serta Karawang, mengarah ke priangan timur seperti Tasikmalaya, Sumedang, dan Ciamis.

Mereka biasanya melewati Jalan Cipatat-Padalarang di Bandung Barat hingga masuk ke kawasan Jalan Amir Machmud di Kota Cimahi hingga menuju wilayah Priangan Timur dan sebagainya.

"Kesiapan jalur sejauh ini relatif baik. Termasuk penerangan jalan juga karena itu jadi kesiapan arus mudik," kata Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono pada Rabu (22/3/2023).

Dia mengatakan, kondisi jalur arus mudik lebaran 2023 di Kota Cimahi dan Bandung Barat akan terus dilakukan pemantauan. "Kami akan cek apabila ada kerusakan di jalur mudik, nanti kami akan koordinasi dengan instansi terkait agar diperbaiki," ucap Aldi.

Pihaknya pun memberikan perhatian lebih terhadap sejumlah titik yang berpotensi akan mengalami kemacetan. Seperti Simpang Padalarang lewat jalur arteri ke arah Priangan Timur serta ke jalur Tol.

"Di Simpang Padalarang ini kan titik pertemuan pemudik dari arah Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, menuju ke arah Jawa via tol dan ke priangan timur lewat jalur arteri," ungkap Aldi.

Di titik tersebut, kata Aldi, nantinya akan didirikan Pos Pelayanan (Posyan) 1 dengan fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan pemudik dengan personel yang dipertebal.

"Kami juga menyiapkan 9 pos secara keseluruhan, ada 2 Posyan dan 7 Pos Pengamanan. Posyan dan Pospam itu ditempatkan di beberapa titik yang diprediksi menjadi simpul kemacetan," kata Aldi.

Pihaknya juga sudah memetakan beberapa simpul kemacetan di sepanjang jalur mudik Bandung Barat dan Cimahi. Seperti Simpang Tagog Padalarang, Simpang Padalarang, Simpang Cimareme, Simpang Sangkuriang, Simpang Amir Machmud, dan titik lainnya.

"Simpul kemacetan di sepanjang jalur mudik jadi fokus kami untuk ditambah personel dan menempatkan rambu serta kesiapan kendaraan derek yang bisa diperbantukan," pungkas Aldi.

Rekomendasi