Beredar Foto Wapres Ma'ruf Amin Video Call dengan Presiden China Xi Jinping Tagih Utang, Cek Faktanya

Tim Editor

Hoaks Wapres Ma'ruf Amin video call Presiden China Xi Jinping. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar sebuah foto yang memperlihatkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedang melakukan panggilan video atau video call dengan Presiden China Xi Jinping. 

Foto itu diunggah oleh akun Facebook Muhammad Alif Syafwiliandra pada 15 Mei 2021 ke grup Makar community dengan narasi sebagai berikut:

"Oalah…Xi jinping Mau Nagih hoetang."

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, adanya foto yang memperlihatkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedang melakukan panggilan video atau video call dengan Presiden Cina Xi Jinping adalah merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto hasil editan atau suntingan. Pada foto aslinya, Wapres Ma’ruf Amin sedang video call dengan Presiden Joko Widodo dalam rangka silaturahmi Idulfitri 1442 Hijriah secara daring pada Kamis, 13 Mei 2021.

Hoaks Wapres Ma'ruf Amin video call Presiden China Xi Jinping. (Foto: turnbackhoax.id)

Foto yang asli, diunggah oleh Presiden Jokowi di akun Instagram resminya pada 13 Mei 2021 dengan narasi “Assalamualaikum Pak Wapres dan Bu Wury. Selamat hari raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin.”

Untuk diketahui, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersilaturahmi dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wury Ma’ruf Amin secara daring terkait adanya pandemi COVID-19.

Mereka saling sapa mengucapkan selamat Lebaran lewat video call. Setelah melaksanakan salat Idulfitri 1442 H dan kembali ke Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Presiden Jokowi bersama Iriana menghubungi Ma’ruf dan istri yang berada di rumah dinasnya.

“Assalamualaikum Pak Wapres dan Bu Wury, menghaturkan selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Jokowi. Momen ini digambarkan dalam rilis resmi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (13/5/2021).

“Saya juga menghaturkan selamat hari raya, mohon maaf lahir batin,” sambung Iriana.

Dalam dialognya, Jokowi dan Ma’ruf saling bertanya mengenai kondisi kesehatan keluarga pada Hari Raya Idulfitri yang masih dirayakan di tengah kondisi pandemi COVID-19. Pada kesempatan yang sama, Ibu Wury Ma’ruf Amin juga turut menyampaikan ucapan Hari Raya Idulfitri kepada Jokowi dan Iriana.

“Ibu Negara, saya mengucapkan selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin Ibu, Bapak, mohon maaf lahir batin,” jawab Ibu Wury.

Tag: Wakil Presiden Ma’ruf Amin berita hoaks china presiden xi jinping cek fakta video call

Bagikan: