Beredar Kabar Gibran Rakabuming Akan Bebaskan Palestina dari Israel, Cek Faktanya

| 22 May 2021 12:10
Beredar Kabar Gibran Rakabuming Akan Bebaskan Palestina dari Israel, Cek Faktanya
Hoaks Gibran akan bebaskan Palstina. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Kembali beredar isu yang menyebut bahwa Gibran Rakabuming Raka yang kini menjabat sebagai Wali Kota Solo akan membebaskan Palestina dari penjajahan Israel. Informasi tersebut salah satunya diunggah oleh akun Facebook Agus Wallacea pada 15 Mei 2021.

"Mas Gibran emang pemimpin Muda Indoensia yg Visioner dan Sang Pembebas Telah dinubuatkan dlm kitab2 sang Satria Piningit," tulis postingan tersebut.

Pada postingan yang beredar tampak sebuah tangkapan layar artikel berjudul "Gibran akan Bebaskan Palestina dari Israel". Telihat pula Gibran mengenakan syal bergambar bendera Palestina.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, klaim adanya artikel berjudul “Gibran akan Bebaskan Palestina dari Israel?” adalah klaim yang menyesatkan.

Faktanya, klaim itu merupakan hoaks lama yang beredar kembali. Tidak ada pernyataan Gibran terkait Palestina di artikel tersebut. Gibran hanya diberikan syal berbendera Palestina dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai salah satu partai pengusungnya di Pilkada Solo. Syal diberikan sebagai semangat dalam memperjuangan Solo menjadi lebih baik.

Klaim yang serupa, sudah pernah diperiksa faktanya melalui artikel berjudul [SALAH] “Gibran ngimpi akan bebasin Palestina dari Israel” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 10 September 2020.

Dilansir dari artikel itu, berikut kutipan artikel berjudul “Gibran akan Bebaskan Palestina dari Israel?” yang dimuat di situs swarakyat[dot]com pada 9 September 2020 tersebut:

“Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka (Gibran) mendapat syal bermotif bendera Palestina dari Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samsurie.

“Sebelum kami sampaikan SK kami punya selendang asli dari Palestina, dari pemerintah di sana. Sampaikan ke Mas Gibran agar selama nanti insyaallah ditakdirkan sebagai Wali Kota, akan terus bergerak memperjuangkan,” kata Masruhan, Jumat (28/8/2020).

Kata Masruhan, syal yang dipakai Gibran menjadi semangat dalam memperjuangan Solo menjadi lebih baik.

“Palestina adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti, itu akan menjiwai Mas Gibran dengan harapan perjuangannya menyejahterakan dan meningkatkan taraf hidup Kota Solo akan tercapai,” ungkapnya.

Ia mengatakan, rekomendasi jatuh kepada Gibran bukan karena sosoknya yang merupakan anak Presiden Jokowi. Melainkan karena pemikiran Gibran yang menurutnya layak sebagai modal seorang birokrat.”

Rekomendasi