BMKG: Abu Vulkanik Sinabung sampai ke Aceh

Tim Editor

Foto erupsi Gunung Sinabung (Twitter: @Sutopo_PN)

Banda Aceh, era.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang memperkirakan abu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, telah sampai di Aceh.

"Debu vulkanik terbawa angin ke wilayah Aceh dini hari tadi sekitar pukul 1.30 WIB," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria Ahmad, dilansir Antara, Sabtu (7/4/2018).

Gunung Sinabung dilaporkan kembali meletus, Jumat (6/4), pukul 16.07 WIB. Letusan ini mencapai ketinggian 5.000 meter ke udara mengikuti arah angin ke Tenggara-Timur, dan Selatan-Tenggara.

Letusan kali ini melontarkan awan panas sejauh 3.500 meter, dan disertai abu vulkanik dengan material piroklastik bertekanan kuat berwarna abu-abu gelap.

Zakaria mengatakan letusan Sinabung ke wilayah di Aceh diperkirakan masih terjadi akibat terbawa angin pada siang hari sekitar pukul 13.30 WIB.

Akibatnya, terdapat empat kabupaten/kota di provinsi paling ujung Utara di Sumatera tersebut yang terdampak, yakni Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Subulussalam, dan Aceh Selatan.

"Namun kita belum dapat laporan dari BPBD (Badan Penangulangan Bencana Daerah) setempat. Terutama dampak dari debu vulkanik Sinabung," katanya.
 


Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung mengingatkan agar masyarakat setempat tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer.

Kepala Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra, mengingatkan, potensi bahaya lahar dari gunung berapi tersebut.

Masyarakat yang tinggal di dekat aliran sungai berhulu ke Gunung Sinabung, diminta mewaspadai kemungkinan lahar yang turun.
 


Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, program relokasi terhadap masyarakat Karo, Sumatera Utara, yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung terus berjalan.

BNPB telah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), seperti Sumatera Utara, dan Karo sudah membangun beberapa tempat relokasi di sekitar kaki Gunung Sinabung.

Hingga akhir Maret 2018, tercatat sudah terdapat 30 tempat relokasi yang menampung warga Kabupaten Karo yang mengungsi dari desa masing-masing, ucap Sutopo.

Tag: erupsi gunung sinabung

Bagikan: