Usai Haram Musik, Ada Larangan Wanita Pakai Tas Ransel, Eko Kuntadhi: Ribet Amat!

| 04 Jun 2021 13:25
Ilustrasi (Foto: 2.bp.blogspot.com)

ERA.id - Beberapa hari lalu video potongan ceramah dari pendakwah Ustaz Munzir Situmorang yang menyebut bahwa musik haram bagi umat Islam viral di media sosial. 

Sontak pernyataan tersebut menimbulkan pro kontra di kalangan warganet. Umumnya mereka menyangkal video ceramah Ustaz Munzir yang mengharamkan musik karena meniru tradisi umat Kristiani.

Usai ramai perbincangan soal musik haram, pegiat media sosial, Eko Kuntadhi membagikan poster yang berisi larangan wanita memakai ransel.

Poster yang dibuat akun Instagram @abuabdibar1977 berisi sebuah narasi sebagai berikut:

Hukum Wanita Memakai Tas Ransel

Syaikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin Rahimahullah berkata:

"لا بأس به بالنسبة للرجل، أما بالنسبة للمرأة، فلا؛ لأنه ربما إذا وضعتها على كتفها ثبين الكتف، لأنه لابد أن سير الحقيبة سوف يضغط على العباءة، ويظهر الكنف ويتبين، وهذا لا يجوز." اهـ من فتاوى على الطريق (ص 799)

"Hal tersebut tidak mengapa bagi laki-laki. Adapun bagi perempuan, maka jangan (ia lakukan hal itu). Karena, apabila dia meletakkan tasnya di atas bahunya, maka akan tampak bahunya, sebab tali tasnya akan menekan bahunya, sehingga bahunya akan tampak dan kentara, sedang hal seperti ini tidak boleh!"

(Fatawa ala Ath-Thoriq fi Masa'il Mutanawwi'ah, hlm. 799)

Admin Ahlussunah Raha

"Buset dah. Ribet amat!" tulis Eko Kuntadhi menanggapi poster tersebut, Jumat (4/6/2021).

Banyak warganet yang menanggapi beragam terkait larangan wanita memakai tas ransel. Ada yang menyebut bahwa ajaran agama seharusnya bisa mempermudah hidup bukan malah mempersulit.

"Ajaran Agama itu bertujuan spy hidup ini praktis,sehat,ekonomis,aman,tentram dan damai. Bukan bertujuan agar hidup ini tambah ribet dan banyak beban," tulis akun @Megat***.

"Kaum apa sih mreka,lihat bentuk bahu wanita pakai ransel aja nafsu. Aduhai..syahwat...syahwat..bgtu amat nasibmu," kata @doel_maha***.

"hidup mereka kek gk nyaman bgt gitu ya, ajegile," kata akun @Why_u****.

Rekomendasi