Underpass Matraman, Solusi Kemacetan yang Bikin Macet

| 10 Apr 2018 15:41
<i>Underpass</i> Matraman, Solusi Kemacetan yang Bikin Macet
Lalu lintas Matraman (Sumber: Twitter/@Afrida_Sibarani)
Jakarta, era.id - Hari ini, Selasa (10/4/2018), Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta mulai melaksanakan uji coba operasional lintas bawah (underpass) Matraman-Salemba. Sayangnya, bukan memperlancar arus lalu lintas, uji coba pertama hari ini malah bikin macet.

Berdasar pantauan dari akun Twitter @TMCPoldaMetro pukul 09.02 WIB pagi tadi, arus kendaraan terpantau telah menumpuk di Jalan Matraman Raya yang mengarah ke Jalan Proklamasi. Dalam pantauan lain yang dilakukan pada pukul 09.12 WIB, kepadatan juga terpantau di Jalan Salemba Raya arah Jatinegara.

 

Kemacetan akibat uji coba underpass Matraman-Salemba ini terjadi cukup parah. Dari pantauan yang dilakukan pada pukul 11.00 WIB, hampir dua jam setelah pantauan terakhir pada 09.12 WIB, kepadatan terpantau masih terjadi di Jalan Matraman arah Tambak.

 

Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondono mengatakan, uji coba underpass akan dilakukan hingga tujuh hari ke depan.

Menurut Heru, uji coba tersebut dilakukan setelah pihaknya terlebih dahulu melakukan penyempurnaan terhadap bagian dinding penutup ruang pompa yang menjadi bagian dari underpass tersebut.

"Selain itu, kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta serta kepolisian," ujar Heru.

Buat kurangi macet

Heru mengatakan, tujuan pembangunan underpass ini adalah untuk mengurai simpul kemacetan yang muncul akibat perlintasan sebidang di Ibu Kota.

"Di samping mengurangi persimpangan sebidang, kami berharap underpass tersebut dapat mengurangi kepadatan kendaraan di simpang Matraman," tutur Heru.

Menurut Heru, underpass sepanjang 670,1 meter dengan lebar 7 meter itu dilengkapi dengan sistem drainase yang cukup oke. Jadi, dalam keadaan hujan sekali pun, underpass ini enggak bakal banjir. Mudah-mudahan!

Rekomendasi