Pembangunan LRT Dipastikan Gagal Kejar Asian Games

| 11 Apr 2018 16:03
Pembangunan LRT Dipastikan Gagal Kejar Asian Games
Proyek pembangunan LRT (Foto: era.id)
Jakarta, era.id - Perhelatan Asian Games akan segera dimulai. Berbagai infrastruktur terus dibangun buat mendukung penyelenggaraannya. Termasuk light rapid transit (LRT) yang dipastikan enggak bakal beres sebelum Asian Games.

Kepastian itu diungkapkan langsung oleh Budi Harto, Direktur PT Adhi Karya, kontraktor yang menggarap proyek LRT di Jakarta. Hal itu diungkapkan Budi kepada Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK) yang kemudian menyampaikan kabar buruk ini kepada wartawan.

Baca Juga : Demi Asian Games, LRT Bebas Moratorium

"(LRT) Tidak bisa di Asian Games itu, tersisa empat bulan. Venue-nya kan banyak, ada di Senayan, Kemayoran, Sunter. Ada enam tempat di Jakarta ini. Ini tidak mungkin (menunggu LRT selesai)," kata JK sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (11/4/2018).

Menurut JK, Adhi Karya, lewat perhitungan yang dilakukan telah memastikan progres pembangunan proyek LRT enggak mungkin selesai dalam waktu dekat. Untuk mengakali kondisi itu, JK menyarankan agar dibuat jalur khusus untuk kontingen dan pemangku kepentingan selama Asian Games diselenggarakan pada Agustus hingga September 2018.

"Oleh karena itu harus diberikan line-nya. Keputusannya sudah ada, ya itu di sekitar jalan yang dilalui (kontingen) itu, line-nya harus bebas. Mungkin bisa dibuat satu line khusus untuk Asian Games," tutur JK.

JK menuturkan, sejumlah kendala yang dihadapi dalam pembangunan LRT harus dikoordinasikan dengan berbagai unsur, mulai dari Kementerian Perhubungan, Pemprov DKI Jakarta, hingga sejumlah BUMN.

Baca Juga : Anies Ajak Warga Percantik Jakarta buat Asian Games

Sayang banget, padahal menurut rencana, LRT sedianya akan digunakan buat mengangkut rommbongan kontingen Asian Games. Tapi, jangan khawatir. Pembangunan LRT enggak semuanya ngaret. Di Palembang, pembangunan berjalan lancar dan telah dipastikan dapat digunakan untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games.

Tags : lrt asian games
Rekomendasi