Pemilu 2019, PKPI Dapat Nomor 20

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ketua Umum PKPI AM Hendropriyono (Fitria/era.id)

Jakarta, era.id - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) resmi ditetapkan sebagai partai peserta Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui rapat pleno terbuka yang digelar di Kantor KPU, Jumat (13/4/2018). Keputusan ini ditetapkan setelah Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta mengabulkan gugatan atas keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang menolak PKPI sebagai peserta Pemilu 2019.

"Dengan memperhatikan putusan PTUN, memutuskan, menetapkan, mencabut keputusan komisi pemilihan umum Nomor 58/PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018, menetapkan PKPI memenuhi syarat sebagai partai peserta pemilu 2019," kata komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asya'ri saat membacakan putusan di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, KPU juga menetapkan PKPI mendapat nomor urut 20 sebagai peserta Pemilu 2019 yang berlaku mulai hari ini. Ketua KPU Arief Budiman kemudian menyerahkan nomor urut PKPI secara simbolik kepada Ketua Umum PKPI AM Hendropriyono.

"Memutuskan keputusan KPU tentang penetapan nomor urut sabagai parpol peseta pemilu anggota DPR/DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Menetapkan nomor 20 sebagai nomor urut PKPI peserta Pemilu 2019," kata komisioner KPU, Evi Novida Ginting, yang juga membacakan putusan KPU.

Pengurus PKPI yang hadir dalam acara itu memberikan sambutan meriah. Hendropriyono menyampaikan keputusan PTUN dan KPU hari ini adalah bentuk keadilan untuk semua.

"Terima kasih pada KPU yang telah menunjukkan ketulusannya pada masyarakat untuk taat pada hukum. Ini yang sangat kita hargai dan kami harapkan," sambungnya.


Ketua Umum PKPI AM Hendropriyono bersama Ketua KPU Arief Budiman, di Jakarta, Jumat (13/4/2019). (Fitria/era.id)

Baca Juga : PKPI Terhambat Keterwakilan Perempuan

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri seluruh Komisioner KPU, komisioner Bawaslu, pengurus PKPI, dan perwakilan partai yang lolos sebagai peserta Pemilu 2019. 

Sebelumnya, KPU menetapkan 15 partai nasional dan 4 partai lokal dalam penetapan peserta Pemilu 2019. Partai nasional tersebut adalah 11 partai lama peserta pemilu 2014 dan empat partai baru, yakni PSI, Perindo, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Sedangkan empat partai lokal adalah Partai Aceh dengan nomor urut 15, Partai Sira (Aceh) di nomor urut 16, Partai Daerah Aceh nomor urut 17, dan Partai Nanggroe Aceh di nomor urut 18.

Tag: pkpi pilpres 2019 pemilu 2019 kpu

Bagikan: