Beredar Lagi Video PM Israel Pamer Suntikan Vaksin untuk Membunuh Muslim, Cek Faktanya

Tim Editor

Video PM Israel yang diklaim pamer suntikan vaksin untuk bunuh muslim. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beberapa hari belakangan beredar sebuah video pernyataan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu yang memamerkan suntikan vaksin yang diklaim untuk membunuh umat muslim.

Video tersebut pun beredar di media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp. Salah satunya diunggah oleh akun Facebook Bekam Totok Kiropraksi Paz. 

Dalam postingannya, akun itu menyebut bahwa Benjamin Netanyahu, yakni Perdana Menteri Israel akan membunuh Muslim dengan vaksin. Dalam unggahan tersebut juga memuat sebuah video yang memperlihatkan Netanyahu sedang berbicara di hadapan kamera yang diklaim memiliki arti bahwa Netanyahu akan membunuh Muslim dengan peluru, rudal, lalu dengan vaksin.

Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan video lama yang pernah diklarifikasi oleh laman turnbackhoax.id pada 14 Mei 2021.

Faktanya, informasi dalam video tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Independent, isi dari video tersebut merupakan Netanyahu yang memperlihatkan model rudal anti-balistik Israel dan jarum suntik yang ia gunakan ketika vaksinasi. 

Yang mana, Netanyahu hendak menunjukkan model rudal anti-balistik dan jarum suntik tersebut kepada tamu-tamu yang datang dari luar negeri.

Dengan demikian, unggahan Facebook oleh akun Bekam Totok Kiropraksi Paz tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Tag: berita hoaks israel covid-19 vaksin covid-19 cek fakta PM Israel Benjamin Netanyahu

Bagikan: