Track Record Deputi Gubernur BI Baru

Tim Editor

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo. (Tiwi/era.id)

Jakarta, era.id - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali resmi melantik Dody Budi Waluyo sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023. Pelantikan digelar di Auditorium Kusumah Atmadja, Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2018).

Sebelum dilantik sebagai Deputi Gubernur BI, Dody menjabat Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI. 

Ia sempat menjalani fit and proper test pada April 2015 dengan penguji dari anggota Komisi XI DPR RI agar masuk bursa calon Deputi Gubernur BI, menggantikan Halim Alamsyah. Namun, dalam tes tersebut, ia gagal.

Dalam perjalanannya, pria kelahiran 19 September 1961 ini memiliki prestasi yang cukup gemilang. Ia menimba ilmu Ekonomi Pembangunan pada 1980 di Universitas Indonesia (UI). Selanjutnya, pada 1992 ia melanjutkan pendidikan di University of Colorado, USA, hingga meraih gelar Master. 

Baca Juga : Jokowi Pilih Perry Jadi Gubernur BI


Pengambilan sumpah jabatan. (Tiwi/era.id)

Dody memulai karirnya di Bank Indonesia sejak tahun 1988. Ia kerap mendapatkan prestasi yang baik, terlihat dari berbagai penugasan di tingkat domestik lintas instansi dan di tingkat internasional. 

Pada tahun 2010-2013, Dody juga bertindak sebagai anggota Working Group G20, BIS, IMF, dan World Bank, di Bidang Moneter dan Keuangan. Sebelumnya, Dody juga pernah menjadi anggota Working Group FDI Statistics di ASEAN pada 2003-2006, dan sebagai Advisor to Executive Directorat South East Asia Voting Group Office, International Monetary Fund, Washington D.C, USA pada tahun 2000-2003. 

Dody menjabat Deputi Gubernur Bank Indonesia menggantikan Perri Warjiyo yang akan dilantik sebagai Gubernur BI pada Mei 2018 mendatang.

Tag: bank indonesia

Bagikan: