Gempa 4.4 SR Guncang Banjarnegara

Tim Editor

Dampak gempa di Banjarnegara (BNPB)

Banjarnegara, era.id - Gempa tektonik berkekuatan 4,4 Skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Gempa mengakibatkan ratusan rumah dan bangunan milik warga rusak.

"Sebagian wilayah Banjarnegara diguncang gempabumi tektonik dengan kekuatan 4,4 SR dengan pusat gempa terjadi pada kedalaman 4 kilometer dan berjarak 52 kilometer utara Kebumen," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis yang diterima era.id, Rabu (18/4/2018).

Sutopo menjelaskan, laporan gempa terjadi akibat aktivitas patahan atau sesar lokal pada kedalaman 10 km. Kendati demikian gempa tidak berpotensi untuk terjadinya tsunami.

"Sebagian masyarakat yang merasakan gempa itu langsung berhamburan keluar rumah. Puluhan rumah dan bangunan roboh akibat gempa, termasuk gedung SMKN 2 Kalibening Banjarnegara yang mengalami atap ambrol," jelas Sutopo.
 


Berdasarkan laporan sementara dari BPBD Kabupaten Banjarnegara, kerusakan bangunan terparah di Dusun Kebakalan Desa Kertosari Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Tak sedikit warga yang mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

"Warga yang mengalami luka-luka tertimpa reruntuhan bangunan dibawa ke puskesmas terdekat dan sebagian warga diungsikan ke rumah warga di Dusun Gunung Tawang Kecamatan Kertosari," tambah Sutopo.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa yang terjadi di Banjarnegara tidak berpotensi tsunami. Menurut laporan yang diterima Stasiun Geofisika Yogyakarta, pusat gempa terjadi di darat pada koordinat 7.21 LS dan 109,65 BT, pada jarak 52 km utara Kebumen.

"Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada I  Skala Intensitas Gempa bumi (SIG) BMKG atau II MMI di wilayah Banjarnegara," kata Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta,
Dr. I Nyoman Sukanta, dalam keterangan tertulisnya.



BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan. Sebab hingga kini belum ada laporan dari BMKG terkait adanya gempa susulan yang akan terjadi.

"Hingga analisa ini dibuat, tidak tercatat adanya gempa bumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat yang berdomisili di Banjarnegara dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang. Jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan," tambah BMKG.

Tag: gempa

Bagikan: