Beredar Isu Ponpes dan Rumah Kiai di Madura Dikelilingi Drone, Disemprotkan Cairan Mematikan, Cek Faktanya

| 16 Jul 2021 08:31
Beredar Isu Ponpes dan Rumah Kiai di Madura Dikelilingi Drone, Disemprotkan Cairan Mematikan, Cek Faktanya
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Beredar isu yang menyebut bahwa pondok pesantren (ponpes) dan rumah kiai di Madura dikelilingi drone. Pesawat nirawak itu juga diklaim menyemprotkan cairan mematikan. 

Informasi itu beredar lewat aplikasi pesan WhatsApp yang menginstruksikan kepada seluruh pondok pesantren untuk menyiapkan senapan angin guna menembak drone yang mengelilingi area pondok di malam hari. 

Pesan tersebut juga menyatakan bahwa pondok pesantren dan rumah para kyai di Madura dikelilingi drone yang menyemprotkan cairan mematikan, seperti yang terjadi di Pondok Pesantren Gontor Putri Mantingan, Ngawi.

NARASI:

"Mohon di instruksikan kepada seluruh ponpes untuk menyiapkan senapan angin untuk menembak drone yang berkeliling pondok malam hari

Ini testimoni orang Madura , pondok pesantren dan rumah para kyai di kelilingi drone yang menyemprotkan cairan sehingga meninggal dunia, hal yang sama terjadi di ponpes Gontor Putri Mantingan."

Melansir dari regamedianews.com, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sampang, Amrin Hidayat menyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar. 

Amrin juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap berita yang tidak jelas sumbernya. Lebih lanjut, tidak ditemukan berita mengenai kasus drone yang menyemportkan cairan mematikan di Pondok Pesantren Gontor Putri Mantingan.

Dengan demikian, dilansir laman turnbackhoax.id, narasi yang beredar melalui pesan berantai di WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Rekomendasi