Buka IIMS 2018, Jokowi Singgung Revolusi Industri

Tim Editor

Ilustrasi (Ayu/era.id)

Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo membuka pameran kendaraan motor terbesar yakni Indonesia International Motor Show 2018. Jokowi melihat adanya peluang yang dapat dimanfaatkan dari perkembangan teknologi industri itu.

"Bahwa akan ada gejolak teknologi di sektor otomotif, iya. Bahwa revolusi industri 4.0 ini akan menjungkirbalikkan industri otomotif, iya. Tapi menurut saya transisi ke generasi berikutnya dari teknologi otomotif ini akan membuka peluang, membuka potensi luar biasa," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (19/4/2018).

Baca Juga : Indonesia Hadapi Persaingan Global

Jokowi menjelaskan, IIMS 2018 yang mengangkat tema dukungan serta komitmennya terhadap produk mobil listrik Tanah Air dan akan segera merespons perkembangan industri global.

Diyakininya, pertumbuhan otomotif Indonesia akan melonjak naik dengan adanya industri 4.0. Terlebih kebutuhan kendaraan dan transportasi murah akan berkembang dengan pesat.

"Saya percaya bahwa dengan industri 4.0, pertumbuhan sektor otomotif justru akan melonjak, bukan menciut. Dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan di seputar sektor otomotif dan sektor transportasi mobil juga akan bertambah, bukan berkurang," jelas Jokowi.

Baca Juga : Kemenakertrans dan Pengembangan Industri Kreatif

Dalam mendukung industri aksesoris otomotif, Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) dan Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia (Gatomi) turut membuka gerai di IIMS 2018.

Acara ini juga diikuti, sejumlah pabrikan otomotif dari Jepang, Korea dan eropa. Mereka tak hanya memamerkan produk terbarunya, tapi juga teknologi industri yang berbasis digital.

Tag: jokowi

Bagikan: