Optimisme Jokowi Hadapi Revolusi Industri 4.0

Tim Editor

Presiden Jokowi menghadiri acara di DPD Golkar. (Leo/era.id)

Jakarta,era.id- Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia harus mengejar revolusi industri 4.0. Revolusi industri keempat ini akan membawa perubahan ratusan kali lebih cepat dari revolusi industri sebelumnya.

"Dalam hitungan-hitungan kalkulasinya McKenzie Institute menyampaikan revolusi industri 4.0 akan memberikan dampak kecepatan perubahan hampir 3.000 kali dibanding revolusi industri, betapa perubahan itu cepat sekali," kata Jokowi, di Gedung DPD Golkar DKI, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).


Jokowi menghadiri acara di DPD Golkar Jakarta. (Leo/era.id)

Dalam kesempatan ini, Jokowi bercerita tentang pengalamannnya berkunjung ke kantor Facebook. Kala itu, Jokowi dibuat kagum dengan inovasi kacamata VR yang dikeluarkan oleh Google, di mana Jokowi merasakan sensasi yang sangat nyata saat bermain pingpong dengan menggunakan kacamata VR.

Oleh karenanya, Jokowi melihat industri 4.0 perlu dikembangkan dan menjadi bahaya jika Indonesia telat mengantisipasi perkembangan tersebut.  

"Saya kira perkembangan seperti ini kalau tidak bisa mengantisipasi akan sangat bahaya bagi negara," ujar Jokowi.

Untuk itu, Jokowi potensi anak muda perlu dioptimalkan untuk menuju industri 4.0 itu. Menurut Jokowi, pemuda memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan industi 4.0 dengan sangat cepat.

"Coba kita lihat sekarang artificial intelegence internet of things cepat langsung menyesuaikan kemudian perkembangan e-money itu langsung ditangkap anak muda dan cepat dijadikan sebuah lahan bisnis," imbuhnya.


Jokowi menghadiri acara di DPD Golkar Jakarta. (Leo/era.id)

Namun, Jokowi mengakui ada kendala yang dalam menghadapi tangtangan ini. Tantangan itu, tidak hanya dirasakan oleh Indonesia, tapi juga negara lain.

Karenanya, Jokowi berharap Indonesia mulai fokus dalam mengahdapi tantangan ini serta tidak meributkan hal-hal yang tidak perlu.

"Jangan sampai energi kita habis untuk orang lain, sudah bicara banyak kita justru hanya ribut untuk hal-hal yang tidak perlu kita ributkan," tutur Jokowi.

Tag: jokowi

Bagikan: