Beredar Video Pesta Miras TKA China di Masa Pandemi: 'Ke Mana Wapres yang Katanya Ulama?' Cek Faktanya..

| 26 Jul 2021 11:11
Beredar Video Pesta Miras TKA China di Masa Pandemi: 'Ke Mana Wapres yang Katanya Ulama?' Cek Faktanya..
Hoaks TKA China pesta miras saat pandemi COVID-19. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar sebuah video yang diklaim merupakan tenaga kerja asing (TKA) China saat sedang pesta minuman keras (miras) di masa pandemi COVID-19.

Video yang diunggah akun Facebook Elang Rimba itu juga disertai narasi: 

"Sulawesi Jeneponto. Pesta miras TKA CHINA di restoran pd hari Jum’at kemarin. Pemuda Jeneponto merazia tanpa melibatkan TNI polisi pol pp. Aparat petugas keamanan negara ternyata hy menjaga aman nyaman TKA CHINA pesta pora. Aparat mengejar merazia pedagang kecil menutup Masjid dan akses jalan."

Di dalam video: "Masjid kau Jaga pakai senjata laras panjang seolah yang mau ke masjid kau anggap penjahat,TKA Cina Mabok-mabok kau cengegesan, Pribumi kau injak-injak TKA cina kau istimewakan!!!

PESTA MIRAS TKA CINA DI MASA PANDEMI

Wajib diberi “PELAJARAN” para TKA cina pesta miras menjelang ibadah jumat disalahsatu cafe di Jeneponto, dibubarkan oleh para pemuda setempat.

Wahai para DKM lihatlah!! Kalian tutup masjid sehingga rakyat tidak melakukan shalat Jumat, itu suatu kezaliman, apa bedanya kalian dengan mereka yang mengadakan pesta miras dikala kami harus ibadah ke masjid. tapi kalian larang dan tutup masjid.? kemana wapres yang katanya Ulama’ itu? Apa dia sudah jadi Mantan Ulama”?” 

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, video tersebut bukan diambil di masa Pandemi. Faktanya, video sudah pernah beredar sebelumnya pada tahun 2017, sehingga dari aspek waktu tidak berkaitan dengan masa pandemi atau kebijakan PPKM yang sedang diterapkan saat ini.

Sumber membagikan video yang sudah beredar sebelumnya pada tahun 2017 menambahkan narasi yang menghubungkan dengan masa Pandemi dan penerapan PPKM saat ini, sehingga menimbulkan kesimpulan keliru.

Salah satu sumber video yang membagikan pada 21 Juli 2017, akun "Iding Maronta Daeng Matua" ke grup "INFO KEJADIAN KOTA MAKASSAR (INKAM)": "Pesta miras TKA Cina menjelang ibadah jumat disalah satu cafe di Jeneponto, mendapat sorotan para pemuda setempat dgn membubarkan pesta tersebut".

Semetara itu, pada artikel tribunjeneponto.com, 21 Juli 2017: “Puluhan tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok menggelar pertemuan di cafe, Jl Ishak Iskandar, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Jumat (21/07/2017) siang." 

Kemudian pada artikel abadikini.com pada 22 Juli 2017: “Pesta miras tenaga kerja asal China berlangsung di Cafe 88, Jalan Ishak Iskandar, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, Jumat (21/7/2017).” 

Rekomendasi