Sempat Heboh Air Keran Dites Swab Antigen Hasilnya Positif COVID-10, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Tim Editor

Air keran diswab test antigen hasilnya positif. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beberapa hari lalu warganet sempat dibuat heboh oleh beredarnya sebuah video yang menunjukkan seorang satpam melakukan swab test antigen terhadap air keran.

Tak disangka hasil tes tersebut menunjukkan positif COVID-19. Informasi itu salah satunya diunggah oleh akun Facebook Sportss Giffts.

"Sangat di sesalkan air kran saja ada virusnya 😫😪😥," tulis narasi pada postingan tersebut.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya informasi tersebut merupakan hoaks yang sudah berulang kali muncul tetapi dengan video yang berbeda. 

Air keran diswab test antigen hasilnya positif. (Foto: turnbackhoax.id)

 

Dicky Budiman selaku Epidemiolog Universitas Griffith menjelaskan bahwa informasi tentang air keran positif COVID-19 dengan menggunakan alat tes antigen adalah tidak benar. 

Ia menjelaskan SARS-CoV-2 tidak menyebar melalui air tetapi melalui udara sehingga air biasa tidak akan bisa terdeteksi oleh alat. 

Penggunaan alat tes antigen pada video tersebut menguji sampel yang bukan semestinya sehingga PH dari alat tes antigen terganggu dan merusak antibodi pada film alat sehingga hasil yang dikeluarkan tidak valid. 

Alat tes antigen sendiri hanya bisa digunakan dengan menggunakan sambil yang diambil dengan swab yang dimasukkan melalui hidung bukan dengan menggunakan sampel air ataupun cairan lainnya.

Melihat dari penjelasan tersebut video air keran positif Covid-19 adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Tag: Air keran diswab test antigen hasilnya positif covid-19 di indonesia air keran positif covid-19

Bagikan: